KAL Bireuen I-1-70 Milik Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Tangkap Dua Kapal Trawl di Perairan Peureulak Aceh Timur

MediaPATRIOT – Aceh Utara,- Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah sangat apreasi kepada Kapal Patroli TNI AL yaitu KAL Bireuen I-1-70 yang telah melakukan penangkapan dua unit Kapal Ikan Pukat Trawl yang sedang melakukan penangkapan ikan secara iIlegal di persisir Perairan Peureulak Aceh Timur, Selasa (08/02/2022).

Komandan KAL Bireuen I-1-70 Kapten Laut (P) Bambang Priambodo menjelaskan bahwa penangkapan 2 kapal ini berawal ketika KAL Bireuen I-1-70 sedang melaksanakan patroli rutin dan mendeteksi kontak radar adanya dua unit kapal ikan disekitar pesisir Perairan Peurlak. Kecurigaan Komandan KAL Bireuen I-1-70 terbukti saat dilakukan pengejaran, ditemukan kedua kapal sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan secara iIlegal menggunakan alat tangkap Pukat Trawl. Saat penangkapan, kedua Kapal Pukat masih memutar mesin penarik jaring pukat dan terlihat batu-batu terumbu karang yang ikut terangkat yang berdampak rusaknya terumbu karang yang merupakan ekosistem rumah ikan. Hal ini tentu saja berdampak sangat merugikan bagi nelayan kecil yang menggantungkan hidupnya mencari ikan di daerah pesisir perairan. Rusaknya ekosistem terumbu karang dan terjaringnya anak-anak ikan menjadikan ikan di daerah pesisir menjauh ke tengah laut yg lebih jauh. Sementara mayoritas para nelayan hanya memiliki kapal kecil yang tidak bisa melaut hingga diatas 10 Nautical Mils.

Penangkapan Kapal pertama
KM. Ocean King I milik sdr. Muhamad terjadi di 2,5 Nautical Mils dari pesisir pantai Peurlak Aceh Timur. Kapal KM. Ocean King I secara surat kelaikan bertonase 6 GT, namun secara fisik kapal ini lebih dari 15 GT. Kapal yang di nahkodai sdr. Muhammad Nur bersama 3 ABK ini membawa alat tangkap jenis Trawl dan ditemukan muatan ikan campuran kurang lebih 600 Kg.

Sedangkan penangkapan kapal kedua yakni KM. Mubarokah milik sdr. Nurdin terjadi di 6 Nautical Mils dari pesisir pantai Peurlak Aceh Timur. Kapal KM. Mubarokah secara surat kelaikan bertonase 7 GT namun secara fisik terlihat lebih dari 15 GT. Kapal yang dinahkodai sdr. Musliadi dengan 4 ABK ini membawa alat tangkap jenis Trawl dan memuat kurang lebih 500 Kg ikan campuran.

Berdasarkan pemeriksaan awal diketahui bahwa kedua kapal penangkap ikan tersebut diduga melakukan penangkapan ikan secara illegal di Perairan Peurlak Aceh Timur tidak jauh dari garis pantai peurlak dengan menggunakan alat tangkap Pukat Trawl yang jelas jelas dilarang UU Perikanan Nomor 45 tahun 2009 dan tidak dilengkapi dokumen resmi kapal ikan yang sah.

Selanjutnya KAL Bireuen I-1-70 membawa kedua unit kapal ikan tersebut, yaitu KM. Ocean King I dan KM. Mubarokah beserta 9 Abk kedua kapal ke Pelabuhan Kreung Geukuh untuk dilaksanakan proses pemeriksaan lebih lanjut di Pangkalan TNI AL Lhokseumawe.

Selama melaksanakan pemeriksaan dan penarikan dua unit kapal, kegiatan berjalan dengan Lancar dan aman dilaksanakan sesuai prosedur penegakan hukum laut oleh pihak TNI AL Lanal Lhokseumawe.

(Pen Lanal LSE) red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan