Belajar Kelola Sampah Bersama EcoRanger Academy

Foto 1. EcoRanger Academy (Rendra Rafsanjani / EcoRanger)

 

MediaPATRIOT – Banyuwangi, 26 Februari 2022 – Berbicara tentang permasalahan sampah, sektor pariwisata tak luput menjadi sasaran polusi sampah. Industri pariwisata turut menyumbang 8% emisi karbon dunia. Potensi timbunan sampah di destinasi wisata timbul dari aktivitas wisatawan yang menghasilkan sampah dari perbekalan yang mereka bawa. Sementara itu, umumnya destinasi wisata memiliki keterbatasan fasilitas pengelolaan sampah dan aturan pembuangan sampah wisatawan yang tidak diterapkan secara tegas. Akhirnya sampah hanya berakhir di tempat pembuangan atau bahkan lebih buruknya berserakan di kawasan wisata. Masalah ini menggugah Program EcoRanger dari Greeneration Foundation untuk membangun sistem pengelolaan demi mewujudkan pariwisata berkelanjutan.

 

Sebagai tindak lanjut dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020, EcoRanger belajar pengelolaan sampah lewat EcoRanger Academy dan Beach Cleanup bersama para wisatawan dan masyarakat sekitar kawasan wisata di Dusun Pancer, Banyuwangi. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari komunitas lokal, wisatawan dan masyarakat Dusun Pancer.

 

Foto 2. Peserta Belajar Memilah Sampah (Rendra Rafsanjani / EcoRanger)

 

Pada kegiatan EcoRanger Academy, peserta belajar sistem pemrosesan sampah mulai dari pengumpulan, pemilahan, hingga daur ulang sampah di Sentra Kelola Sampah (SEKOLA) yang dikelola oleh tim EcoRanger. Peserta belajar dan menyaksikan langsung tim SEKOLA memilah sampah berdasarkan jenisnya (organik, anorganik, residu), mengolah sampah organik menjadi kompos, dan pengumpulan sampah residu. Untuk sampah anorganik, EcoRanger bekerjasama dengan industri daur ulang bank sampah.Ibu Siti Aminah merasa kegiatan ini banyak memberi pengetahuan baru tentang pengelolaan sampah, “Saya selama ini sudah jadi klien SEKOLA tapi baru pertama kali ini melihat langsung proses pengolahan sampahnya. Karena ikut kegiatan ini saya jadi lebih paham tentang proses pengelolaan sampah yang selama ini diajarkan oleh tim EcoRanger”.

 

Foto 3. Beach Cleanup (Rendra Rafsanjani / EcoRanger)

 

Tak hanya belajar sistem pengelolaan sampah, para peserta dilibatkan langsung untuk mengumpulkan sampah yang tersebar di sekitar pesisir pantai Dusun Pancer. Mayoritas sampah yang didapatkan peserta adalah sampah anorganik seperti sampah plastik. Para peserta berhasil mengumpulkan 8.1 Kg sampah di Beach Cleanup kali ini. “Hari ini benar-benar bermanfaat liburannya karena tadi bisa belajar cara mengelola sampah di SEKOLA dan bisa beraksi langsung bersama teman-teman relawan lain untuk membersihkan pantai. Kegiatan seperti ini harus dipertahankan” ujar Pak Yono sebagai peserta EcoRanger Academy.

 

Selain berkolaborasi bersama masyarakat dan wisatawan untuk tangani masalah sampah di Dusun Pancer, EcoRanger juga berkolaborasi dengan blu BCA Digital dan Kitabisa dalam #blubuatbaik untuk memperluas dampak baik yang diberikan.Kolaborasi adalah nilai utama yang selalu dipegang teguh EcoRanger karena EcoRanger percaya masalah sampah harus diselesaikan dengan melibatkan seluruh pihak mulai dari masyarakat, komunitas, lembaga, hingga pemerintah.

Tentang BCA Digital

PT Bank Digital BCA atau BCA Digital dahulunya bernama Bank Royal, hadir sejak tahun 2020 setelah diakuisisi oleh PT Bank Central Asia. BCA Digital merupakan the next-generation bank tanpa cabang yang fokus melayani segmen digital savvy melalui aplikasi mobile perbankan digital blu. Beberapa fitur di dalamnya seperti bluSaving, bluDeposit, dan bluGether dirancang untuk membantu pengguna memiliki kontrol lebih serta kebebasan mengatur finansial mereka. Aplikasi blu bisa diakses melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Selengkapnya: bcadigital.co.id | blubybcadigital.id

Narahubung Media

N: Nariswari Yudianti

E: Corpcomm@bcadigital.co.id

R: Corporate Communication Manager

PT Bank Digital BCA

The City Tower Lantai 11, Jl. M.H. Thamrin No. 81, Jakarta Pusat 10310.

 

Tentang Kitabisa

Kitabisa terus bertumbuh menjadi platform galang dana dan donasi online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Sejak tahun 2013, Kitabisa telah memfasilitasi jutaan orang baik untuk menyalurkan kebaikan kepada orang yang membutuhkan secara mudah, cepat, dan transparan. Dengan menggunakan teknologi dan terus berinovasi, Kitabisa percaya jutaan orang Indonesia bisa menghasilkan kebaikan dan dampak sosial dalam skala besar untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.

Narahubung Media

N: Fara Devana

E: faradevana@kitabisa.com

R: Public Relations

W: www.kitabisa.com

 

Tentang Greeneration Foundation dan EcoRanger

Greeneration Foundation merupakan LSM lingkungan yang berfokus mengubah perilaku masyarakat untuk menerapkan prinsip konsumsi dan produksi berkelanjutan di Indonesia. Greeneration Foundation menjalankan empat program: Pemberdayaan Masyarakat, Pembangunan Platform, Kemitraan Strategis, dan Edukasi. Dalam menjalankan empat program tersebut, Greeneration Foundation berkolaborasi dengan pemerintah, sektor privat, media, akademisi, serta masyarakat umum seperti anak-anak, pelajar, dan ibu rumah tangga.

Program EcoRanger merupakan program yang dikelola Greeneration Foundation sejak tahun 2018. Program ini menekankan pada aspek pemberdayaan masyarakat dalam upaya mendukung sistem pengelolaan sampah berkelanjutan, khususnya di destinasi wisata Indonesia. (red Irwan)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan