Yulianti Helfia Ketua Ponjen Mas: Acara Wastra Budaya Sriwijaya Membangkitkan Budaya Daerah Dari Butik Kain dan Potensi Alam

MediaPATRIOT – Jakarta, Disela acara Wastra budaya Sriwijaya digedung Perpustakaan Nasional Jakarta (8/03/22) Yulianti Helfia Ketua Ponjen Mas menuturkan sebagai keterangan pers kepada media bahwa selama pindah ke sini sudah lama membuka bisnis bergerak di bidang  kain dari berbagai daerah seperti kebaya, Palembang dan Jawa dan berjalan dengan waktu karena hobi kain dan sekitar kira-kira 30 tahun lebih dari seluruh Nusantara kita dari NTT, NTB, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Yulianti Helfia menambahkan dalam acara ini yang kita peragakan tadi kebanyakan dari daerah Sumatera selatan yakni Sriwijaya berupa kain Pelangi. Selendang Pelangi kain batik Palembang serta kain songket yang terdiri dari songket lama ada juga songket yang baru, UraiNya. Marina Butiq dan Ponjen Mas berpartner saling kerja sama, JelasNya. Yulianti Helfia juga ketua Persatuan wanita Palembang koordinator cabang Tangerang Raya juga sebagai Ketua bidang budaya di persatuan wanita Palembang pusat tugasnya sebagai koordinator di KCBI grup patbelas pusat Jakarta.

Hari ini dalam pengembangan tentang Palembang berupa tari dan bentuk kain songket Palembang untuk para undangan ada keterbatasan atas kehadirannya karena harus mematuhi protokol kesehatan covid-19 sehingga banyak orang Palembang yang tidak dapat hadir diacara ini. Diantaranya ada yang baru Sembuh sakit omicron sehingga terkesan trauma untuk ketemu banyak orang, cetus Yulianti Helfia.

Harapan kedepannya semoga pandemi ini cepat berakhir sehingga para pengrajin kita dan pedagang bisa hidup serta ekonomi berjalan lancar, karena kebutuhan sandang ini adalah kebutuhan yang kedua atau koleksi pribadi sebagai perhiasan diri untuk berbusana. Sementara ini kita fokus lagi ke kain serta busana, tutup Yulianti.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan