TNI AL LANAL LHOKSEUMAWE POSAL IDI RAYEUK BANTU EVAKUASI ABK KAPAL ACEH TIMUR YANG TENGGELAM

MediaPATRIOT – Aceh Utara,-  Merespon laporan dari masyarakat nelayan, Pangkalan TNI AL Lhokseumawe melalui Pos TNI AL Idi Rayeuk berhasil membantu mengevakuasi Nahkoda dan ABK KM. Mudah Rejeki II (7 GT) yang mengalami kebocoran dan tenggelam di Perairan Peureulak sekitar 9 Nmil dari Pesisir Kuala Bugak, Aceh Timur, Senin (14/3/2022).

Seijin Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah memerintahkan Danposal Idi Rayeuk Aceh Timur agar segera melaksanakan SAR (Search and Rescue) terhadap ABK KM. Mudah Rejeki II yang mengalami kebocoran yang mengakibatkan kapal tenggelam di Perairan Peureulak, Aceh Timur.

Danposal Idi Rayeuk Letda Laut (E) Mustamin melaporkan kesiapan Tim dan material kepada Danlanal Lhokseumawe yang akan melaksanakan SAR dengan Patkamla Hantu Laut 01 serta berkoordinasi dengan Panglima Laot/Ketua Kelompok Nelayan Peureulak untuk memastikan titik koordinat KM. Sumber Rejeki II yang tenggelam.

Selanjutnya 3 personel Posal Idi Rayeuk menggunakan Patkamla Hantu Laut 01 menuju titik koordinat 04 43.787 – 98 06.831, melakukan pencarian dan pertolongan dengan mendatangi lokasi kapal tenggelam tersebut, seluruh ABK KM. Sumber Rejeki II yang berjumlah 6 orang sempat terombang ambing di laut sebelum diselamatkan oleh KM. Budi Jaya yang melintas dikoordinat tenggelamnya kapal.

Ditempat yang berbeda, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah menyampaikan kronologi singkat tenggelamnya KM. Sumber Rejeki II, kapal berangkat melaut dari Kuala Jambu Aceh Peureulak pada hari minggu pukul 22.00 wib, untuk mencari/menjaring ikan, hari Senin sekira pukul 05.00 WIB pada koordinat 04 43.787 – 98 06.831 kapal mengalami kebocoran dibelakang/buritan dan tidak berselang lama kapal tenggelam, seluruh ABK menyelamatkan diri dengan cara menceburkan diri ke laut.

ABK KM. Sumber Rejeki II yang berjumlah 6 orang sempat terombang ambing sebelum diselamatkan KM. Budi Jaya yang merupakan nelayan Peureulak, selanjutnya pukul 11.00 WIB seluruh ABK yang selamat dipindahkan oleh personel Posal Idi Rayeuk ke Patkamla Hantu Laut 01 dan langsung dievakuasi ke menuju Kuala Seuneubok Peureulak, Aceh Timur, untuk dipulangkan/kembali ke keluarga dan KM. Budi Daya melanjutkan mencari posisi/titik koordinat KM. Sumber Rejeki II yang tenggelam.

Enam ABK KM. Mudah Rejeki 2 yang selamat yakni Muslim 40 tahun (Pawang/Nahkoda), Abdullah 34 tahun, Badrun 42 tahun, Ibrahim 22 tahun, Abdullah 39 tahun, Arpiyah 47 tahun, seluruh ABK merupakan warga/masyarakat Peureulak Aceh Timur, misi kemanusiaan yang merupakan salah satu implementasi pelaksanaan dan perintah pimpinan TNI AL Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada jajarannya,” ucap Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian.

(Pen Lanal LSE) red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan