Pelepasan Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Wilayah Provinsi Aceh Tahun 2022 Kerjasama Bank Indonesia Dengan TNI AL

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Sabang,- Bank Indonesia bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut menggelar acara pelepasan Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Wilayah Provinsi Aceh Tahun 2022, bertempat di Dermaga Lanal Sabang, Senin (30/5/2022).

Kegiatan Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Wilayah Provinsi Aceh akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei sampai dengan 04 Juni 2022 dengan sasaran Pulau Weh, Pulau Nasi, Pulau Breuh, Pulau Banyak, dan Pulau Simeulue, didukung oleh KRI Teuku Umar-385 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Faisal Yanova, S.E.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh Achris Sarwani mengatakan bahwa dalam mengedarkan rupiah, ada tiga tantangan utama yang dihadapi yakni pertama, kondisi geografis NKRI yang memiliki ribuan pulau dengan keterbatasan infrastruktur sehingga mempengaruhi jangkauan Bank Indonesia dalam menyediakan uang kepada masyarakat, termasuk diantaranya di wilayah Terdepan, Terpencil, dan Terluar (3T). Kedua, keberagaman tingkat pendidikan masyarakat yang mempengaruhi perilaku masyarakat dalam memperlakukan uang. Tercermin dari uang tidak layak edar karena lusuh yang disebabkan sering dilipat, dibasahi, maupun distaples. Ketiga, penggunaan uang selain rupiah sebagai alat pembayaran khususnya di wilayah perbatasan.

“Dalam menghadapi tantangan tersebut, maka Bank Indonesia melakukan kerjasama dengan semua elemen bangsa termasuk TNI AL yang merupakan salah satu elemen bangsa yang berada di garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI. Dengan kekuatan armadanya dapat menjangkau seluruh pelosok tanah air dari Sabang sampai Merauke sehingga dapat membantu Bank Indonesia dalam pengedaran uang rupiah ke seluruh wilayah NKRI khususnya wilayah kepulauan 3T dapat tercapai,” ujarnya.

Sementara itu, Asops Kasal diwakili Paban IV Dukops dan Doktrin Sopsal Kolonel Marinir Suliono, S.E., mengatakan bahwa sinergitas antara TNI AL dengan BI telah dimulai sejak tahun 2011, melalui kegiatan pelayanan kas keliling di daerah 3T di seluruh wilayah NKRI. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu penyediaan uang layak edar di pulau terluar yang sulit terjangkau dengan transportasi umum.

“Sejak tahun 2011 sampai dengan tahun 2021, Bank Indonesia dan TNI AL telah melaksanakan 76 kali kegiatan Kas Keliling 3T dengan 399 Pulau 3T terkunjungi. Pada tahun 2022 BI dan TNI AL sepakat memperluas jangkauan layanan kas keliling dengan program yang lebih terpadu dengan mengusung tema “Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022″, dimana pada tahun 2022 ini akan dilaksanakan kegiatan kas keliling 3T sebanyak 16 kali di 16 Provinsi dengan target 81 pulau yang dikunjungi. Dan kegiatan di wilayah Provinsi Aceh ini merupakan yang ketujuh kalinya,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Paban IV Dukops dan Doktrin Sopsal Kolonel Marinir Suliono, S.E., Gubernur Aceh diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Ir. Mawardi, Kepala Perwakilan BI Provinsi Aceh Achris Sarwani, Pangdam Iskandar Muda diwakili oleh Kakudam IM Kolonel CKU Parwoto, S.M., Kapolda Aceh diwakili oleh Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, S.H., Kepala Grup Command Center Departemen Pengelolaan Uang BI Ameriza Ma’aruf Moesa, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara Azka Subhan Aminurridho, Walikota Sabang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Sabang Faisal Azwar, S.T., M.T., Walikota Banda Aceh diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Iskandar, S.Sos., M.Si., Bupati Aceh Besar diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan M. Ali, Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., Ketua Kejari Sabang diwakili oleh Kasi Intelijen Jen Tanamal, S.H., Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe Gunawan, Deputi Kepala BI Provinsi Aceh T. Amir Hamzah, Kepala Divisi Layanan Kas Jabodebek BI M. Ali Afhtar Azzuhdi, Komandan KRI TUM-385 Letkol Laut (P) Faisal Yanova, S.E., Unsur Forkopimda Sabang, Pimpinan Perbankan di Provinsi Aceh, dan Pimpinan Perbankan di Kota Sabang.

(Pen Lanal Sabang)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan