“Peringatan PuncakTahun Baru Jawa digelar di Pusat Kejawen Maneges”.

Tegal, MPI.co.id

Tahun Baru Jawa 1 Kasa 2933 J.yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2022 dirayakan secara meriah oleh para Penghayat Kejawen Maneges yang berpusat di desa Pener. Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal jawa Tengah.

Puncak Acara dilaksanakan malam hari dengan menggelar pertunjukkan Wayang Golek dalang Ki Haryo Cari to dan ki Anom Aditya Bayu Setyaji. dia dalang Ayah dan anak ini menceritakan Babad asal mula Desa Penyusupan Pener.

Depok dan Darma Suci yang oleh sebab pengucapan berubah menjadi TermaSuci. Acara puncak peringatan Tahun Baru Jawa tersebut dihadiri oleh 8 ketua Penghayat Maneges dari 8 provinsi di Nusantara.

Hadir pula Kapolsek dan Danramil Pangkah beserta jajarannya, Tokoh Budayawan Teguh Pui Harsono, kabid Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dan segenap masyarakat penghayat Kejawen dari Sapto Darmo Jawa Tengah dan Tokoh pluralisme kabupaten Tegal.

Lewat sambutannya Ketua Penghayatan Managed Kabupaten Tegal Bopo BangunTresno selaku ketua Panitia Penyelenggara.

Bahwa peringatan Penyambutan Tahun Baru Jawa 1 Kasa 2933 J sudah dilaksanakan selama 3 hari dimulai resik resik di padepokan Wiragati yang melibatkan masyarakat setempat dan seluruh tamu penghayatan dari 8 provinsi.

Sementara itu Bowo Resi Palon Pusat Ke jawab Managed DR.Purwo. melalui sambutannya menyatakan bahwa dirinya telah bertugas memimpin doa serta meditasi.

Dan di malam puncak tersebut Resi Palon pun memimpin doa khas Penghayatan Kejawen Maneges.
Dalam kesempatan yang sama lewat sambutannya Budayawan Teguh Puji Harsono menegaskan bahwa meskipun banyak metodologi penghitungan serta penentuan Tahun Baru Jawa,”

Kita harus hormati metodologi yang telah dilakukan para ahli di penghayatan kejawen Manages ini yang telah menentukan di tanggal 22 Juni 2022 ini sebagai Tahun Baru 1 Kasa 2933J.” tuturnya, di puncak sambutan Sang Mbaurekso Kejawen Maneges KET.

Rosa Mulya Aji mengucapkan banyak Terima kasih pada seluruh undangan yang hadir utamanya pada 8 perwakilan dari ketua kejawen Maneges seluruh Nusantara serta para seniman dan Budayawan kabupaten Tegal yang malam itu hadir, KRT.

Rosa Mulya Aji pun dalam kesempatan yang sama mengumumkan bahwa Penghayatan Ke jawab Managed telah melantik kepengurusan Pencak Silat Welas Asih karya Asli para ahli di kejaran Managed,”

Aeni Silat Welas Asih ini menonjolkan gerakan yang indah dan menyehatkan tidak ada jurus memukul dan menjatuhkan lawan,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua umum Ke kawasan Managed pun berniat mendaftarkan seni Silat Welas Asih ini ke Pusat Lembaga Silat atau PSI Nasional serta akan terus mengembangkan perguruan Silat Welas Asih ini secara Nasional. (Nurdibyo)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan