Desa Sidamulya Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Siap Bangkitkan Kembali Budaya Tegal Yang Hampir hilang.

Sidamulya Tegal, MPI.co.id

Lewat perbincangan santai di aula balai Desa Sidamulya sore Rabu 6 Juli 2022, ke Desa Sidamulya yang akrab dipanggil Lurah Pramono, menyambut baik kehadiran awak media.

Lewat obrolan ngopi bareng tersebut terbersit dalam tangannya ingin merealisasikan bangkitnya tradisi dan seni budaya Teh yang akrab di masyarakat Desa SidaMulya.

“Dulu kami pernah lihat jika tujuh belasan banyak kalangan lelaki Desa kami yang menggunakan celana sarung hitam dan baju komboran dengan ikat kepala yang khas .

Sementara kalangan ibu ibu di desa kami saat itu memakai kain diikuti oleh anak Nak muda ya berbaris melakukan pawai Kuping Desa.

“jika tidak ada aral melintang dan halangan soal dana, kami ingin kembalikan situasi yang hilang itu bangkit kembali dan ada lagi arak arakan dalam memperingati tujuh belas agustus nanti.

“Saya akan gerakkan 17 RT yang tergabung di 2 RW desa kami untuk berlomba membuat barisan terbaik dengan syarat menggunakan pakaian adat jaman dulu.

Dengan demikian ada upaya ikut melestarikan serta membudidayakan potensi rakyat serta daerah desa kami yang kian tertata rapih, “tutur lurah Pramono mengakhiri perbincangan sore itu. (Sudibyo NoorTegal)