Kodam III/Siliwangi Dukung Program Ketahanan Pangan Pemerintah Pusat.

Serang, MPN.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo didampingi Danrem 064/MY menghadiri acara Panen Raya jagung bersama para santri di Kampung Munding Jalu, Kelurahan Curug Manis, Kecamatan Curug, Kabupaten Serang.

Pada kegiatan panen raya jagung dengan tema ‘Gerakan Bersatu Untuk Ketahanan Pangan’ diatas lahan seluas 3 hektar, Pangdam memberikan kesempatan kepada para santri untuk ikut serta memanen jagung.

Hal itu disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto pada saat mendampingi Pangdam di Lebak Banten, (4/08).

Sebelum dimulainya panen raya, Pangdam bersama Wakil Menteri Pertanian juga pejabat lainnya bersama sama memukul kentongan tanda panen raya dimulai.

” Tidak hanya panen jagung saja, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo bersama tamu undangan lainnya melaksanakan penanaman benih jagung dengan menggunakan alat rotari,” ujar Kapendam.

Disampaikan Pangdam, Panen raya jagung serta menanam benih merupakan salah satu upaya kita dalam menindak lanjuti Program ketahanan nasional.

Terutama untuk memenuhi ketersediaan pangan ketika terjadi musim paceklik atau gagal panen padi.

Dengan adanya panen jagung tambah Pangdam serta penanaman benihnya diharapkan dapat menstimulasi generasi muda untuk turut serta mendukung program swasembada pangan.

Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto menuturkan, program ketahanan pangan terkait pertanian jagung tidak terlepas dari peran MAJ.

” Yang mana MAJ memberikan solusi atas masalah sosial yang terjadi dibidang pertanian jagung, meliputi pelaksanaan budidaya jagung hingga proses distribusi hasil pasca panen.

Sementara itu Wamentan memberikan apresiasi kepada Pangdam III/Siliwangi yang telah mendukung program ini di seluruh wilayah teritorial Kodam III/Siliwangi.

Pada kesempatan itu Wamentan menyematkan Pin Penghargaan kepada Pangdam, setelah menerima penyematan Pin Pangdam selanjutnya menyematkan wing kepada Wamentan.

Setelah itu dilanjutkan kepada penyematan pin penjaga pangan kepada Oh Gubernur Banten, Danrem 064/MY, Dandim 0602/Serang, Kapolresta Serang, Walikota Serang, Ketua PWNU dan Ketua MAJ.

Selesai kegiatan panen raya, Pangdam bersama Wamentan dan Oh Gubernur Banten menuju Dodiklatpur Rindam III/Siliwangi untuk melaksanakan Video Conference bersama Korem dan Kodim jajara. Kodam serta unsur terkait.

Pada saat Vicon, Wamentan mengatakan bahwa Kementerian Pertanian akan mendukung semua pihak yang masih kekurangan alat, diharapkan kepada masing masing pihak agar mengajukan permohonan ke kantor pusat pertanian di Jakarta.

Usai Vicon, kegiata dilanjutkan dengan penanaman jagung di kebun Dodiklatpur yang diawali oleh Pangdam, Wamentan dan Pj Gubernur.

Diakhir acara, Pangdam beserta Wamentan berkenan memberikan 100 paket sembako yang diberikan secara simbolis kepada 10 orang warga kelompok tani.

(Pendam III/Slw).

Rie.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan