Sambangi Warga Baduy, Pangdam III/Siliwangi : Jawara Baduy Agen Lingkungan Hidup.

Lebak, MPN.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Mia Kunto Arief Wibowo beserta para Asisten dan Kabalakdam, menyapa warga masyarakat Baduy Luar di Desa Bojong Menteng Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Kamis (4/08).

Kedatangan Pangdam bersama rombongan disambut hangat warga masyarakat Baduy Luar, juga tokoh masyarakat Baduy Dalam “Ayah Mursyid”.

Hal itu disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto pada saat mendampingi Pangdam berkunjung ke Baduy Luar.

Disampaikan Kapendam, sesaat sesudah menyapa warga Baduy Luar, Pangdam menyempatkan diri meninjau kegiatan baksos yang digelar Kodim 0603/Lebak berupa pengobatan gratis, program keluarga berencana dan pemeriksaan gigi anak – anak Baduy.

Dalam kesempatan itu juga Pangdam memberikan bantuan sosial berupa 200 paket sembako, diberikan secara simbolis kepada 20 warga masyarakat, selain paket sembako Pangdam juga membagikan 75 paket makanan ringan untuk anak-anak Baduy.

Kepada awak media Pangdam mengatakan bahwa, pembinaan masyarakat Baduy, masih menjadi tanggung jawab Kodam III/Slw, dalam hal ini Korem 064/MY dan Kodim 0603/Lebak, mengingat. Siliwangi terbentuk dan berasal dari mereka, seperti laskar, pendekar, jawara, dan masyarakat yang ingin haknya terjaga.

Oleh karenanya Pangdam III/Slw menyempatkan bersilaturahmi dengan mereka serta pendiri ormas-ormas perlawanan jaman Belanda dalam rangka menghimpun dan membentuk suatu kekuatan Divisi Siliwangi.

Dalam hal menjaga ekosistem, suku Baduy memegang teguh kearifan lokal, menghargai budaya dan alam lingkungannya, terlebih suku Baduy Dalam.

Ekosistem masih terjaga dengan sangat baik dan keseimbangan alam cukup terjaga, sehingga dapat terhindar dari bencana yang disebabkan oleh alam.

“Beliau-beliau ini agen lingkungan hidup, agen-agen ekosistem, mereka yang menjaga dan juga mengurangi terjadinya bencana, namun pihak TNI pun perlu turun membantunya,” ujar Pangdam.

Seusai menyapa warga Baduy Luar, Pangdam dan rombongan menyambangi Koramil 0306/Lwd Kodim 0603/Lebak di Desa Jalupang Mulya Kecamatan Leuwidamar.

Kedatangan Pangdam disambut oleh Danramil dan anggota serta ibu-ibu Persit, disana Pangdam memberikan 100 paket sembako kepada warga masyarakat sekitar dan personel Koramil.

Saat sebelum meninggalkan Koramil, Pangdam berpesan agar seluruh anggota Koramil dan keluarganya selalu menjaga kesehatan.

“Jaga kesehatan kalian beserta keluarga, laksanakan pengecekan secara berkala dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada,” pesan Pangdam.

(Pendam III/Siliwangi).

Rie.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan