Semarak Gebyar Tahun Baru Islam, Masyarakat Sumurbatu Santuni Puluhan Anak Yatim

Kota Bekasi, MPN
Mayoritas masyarakat muslim di Kota Bekasi memanfaatkan momentum 10 Muharam 1444 H dengan menggelar beragam kegiatan sebagai wujud kepedulian terhadap nasib anak-anak yatim yang membutuhkan kasih sayang sosok orangtua. Perayaan Lebaran Anak Yatim ini biasanya dikemas dengan ceramah keagamaan dan pemberian santunan kepada kalangan anak yatim yang notabene berasal dari keluarga tidak mampu.

Seperti pada perayaan Gebyar Tahun Baru Islam 1444 H yang dilaksanakan di areal Pemakaman Mbah Raden Kebuk alias Mbah Raden Surya Kecana yang terletak di RT 001 RW 01 Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Minggu (8/8) malam. Kegiatan yang sudah menjadi tradisi umat Islam ini dirangkai dengan pemberian santunan untuk 40 anak yatim.

Kegiatan ini dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda setempat. Sementara sekitar 400 warga terlihat guyub menghadiri perayaan yang digelar secara rutin ini oleh masyarakat RW 01 Sumurbatu.

Respon positif disampaikan salah seorang tokoh masyarakat, Muhammad Eko, yang terlihat hadir dalam kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini menjadi momentum bagi kalangan masyarakat untuk lebih memperhatikan nasib dan kesejahteraan anak-anak yatim.

Respon serupa juga diungkapkan Ketua RW 01 Sumurbatu Kiman Sumarwan. “Masyarakat di RW 01 Sumurbatu secara rutin merayakan Tahun Baru Islam sekaligus Lebaran Anak Yatim sebagai wujud kecintaan masyarakat terhadap agama Islam dan ajaran Rasulullah yang diantaranya adalah mengasihi anak-anak yatim,” kata Kiman Sumarwan didampingi Ketua Panitia Penyelenggara Nursaidi alias Duplo.

Kiman mengaku sengaja menggelar Gebyar Tahun Baru Islam tahun ini di areal Pemakaman Mbah Raden Kebuk alias Mbah Raden Surya Kecana agar masyarakat tetap mengingat perjuangan yang sudah dilakukan para leluhur. “Ini menjadi momentum bagi warga untuk saling bersilaturahmi, berwisata religi, sekaligus memberikan kepedulian kita kepada para anak yatim,” papar.

Selaku pengurus Pelestarian Makam Mbah Raden Kebuk alias Mbah Raden Surya Kecana, satu pesan khusus disampaikan Kiman kepada pemerintah daerah Kota Bekasi dan Provinsi DKI Jakarta. Pesan ini terkait usulan masyarakat yang menginginkan adanya pemagaran areal Makam Mbah Raden Kebuk alias Mbah Raden Surya Kecana agar tetap terjaga kelestariannya.

“Areal Mbah Raden Kebuk alias Mbah Raden Surya Kecana ini dikelilingi oleh tumpukan sampah di TPA Sumurbatu dan TPST Bantargebang. Karena itu warga sangat berharap kepada Pemkot Bekasi dan Pemprov DKI Jakarta agar segera merealisasikan usulan masyarakat terkait pemagaran areal pemakaman ini, sehingga areal makam menjadi lebih tertata dan terjaga kelestariannya,” papar Kiman.

Lebih lanjut Kiman menyampaikan apreaiasinya kepada seluruh pihak yang sudah mendukung kegiatan Gebyar Tahun Baru Islam ini sehingga dapat terlaksana secara suksea dan meriah. “Semoga ajang silaturahmi ini dapat terus terjaga sehingga masyarakat tetap hidup rukun dan damai,” pungkasnya. (Mul)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan