Pangdam III/Siliwangi Perintahkan Danrem 063/SGJ Jaga Dan Pelihara Waduk Darma.

Kuningan, MPN.

Didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo Pangdam III/Siliwangi melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 0615/Kuningan Korem 063/SGJ.

Salah satu agenda pada kunjungan kerja tersebut, adalah melaksanakan peninjauan budi daya keramba ikan di Waduk Darma.

Kehadiran Pangdam III/Slw di Waduk Darma tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Pangdam pada bulan Juli lalu, berkaitan dengan upaya mengatasi permasalahan yang ada di Waduk Darma.

” Mulai dari kondisi danau yang debit airnya berkurang serta kondisi ekosistemnya tidak berjalan dengan baik, sehingga ditemukan solusi alternatif permasalahan,” ujar Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto saat dikonfirmasi via telepon.

Lanjut dikatakannya, Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kuwu Waduk Darma, Umar Hidayat atas Demplot keramba ikan kepada Kodam III/Slw yang dikelola dengan memanfaatkan Bios 44.

Terkait dampak pemanfaatan Bios 44 pada budidaya ikan di keramba, Pangdam menyampaikan bahwa persoalan pada kunjungan sebelumnya mengenai kadar air, kandungan air dan perkembangan ikan itu sendiri, kini semuanya sudah terjawab.

Waktu panen ikan lebih cepat satu bulan jika dibandingkan dengan budi daya ikan tanpa menggunakan Bios 44, sehingga ada nilai efisiensi dari segi pakan dan peningkatan nilai ekonomi karena jumlah ikan yang mati relatif kecil.

“Penggunaan teknologi mikroba Bios 44 pada budi daya ikan, mempunyai berapa dampak positif yaitu, membangun ekosistem air dan mengurai amoniak, sehingga mengurai nitrit untuk menimbulkan oksigen, maka kebutuhan oksigen mahluk hidup yang ada di danau ini tercukupi. Dan untuk debit air tidak akan berkurang karena tidak ada endapan-endapan yang tertinggal di dalam danau dan hasil pengolahan tadi menjadi planton sebagai pakan ikan,” jelas Pangdam.

Kepada mahasiswa Universitas Majalengka yang sedang melaksanakan KKN dan turut hadir saat itu, Pangdam berpesan agar memanfaatkan momen yang ada dengan sebaik-baiknya agar mengimplementasikan hasil kerja kuliahnya dengan berbuat yang dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Manfaatkan potensi-potensi wilayah menjadikan potensi ekonomis untuk kepentingan masyarakat sebagai prioritas utama.

Sementara itu kepada Danrem dan jajaran, Pangdam mengingatkan untuk menjaga Waduk Darma dengan sebaik-baiknya dengan leading sektornya ada di Dinas Perikanan.

Kapendam menambahkan, Kodam III/Slw terus melakukan berbagai pendekatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai teknologi terapan sebagai upaya alternatif solusi.

“Melalui teknologi terapan, salah satunya mencoba mengefisiensikan nilai sosial budaya masyarakat dan sosial ekonomi masyarakat serta mengenalkan teknologi-teknologi terapan,” pungkasnya.

(Pendam III/Siliwangi).

Rie.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan