Perbanyak Resapan Air, Satgas Citarum Sektor 5 Bangun Puluhan Lubang Biopori.

Kab Bandung, MPN

Upaya menjaga dan melestarikan ekosistem bantaran serta aliran sungai Citarum, Satgas Sektor 5 sub 1 membuat puluhan lubang biopori di Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Selasa 13 September kemarin.

Hal ini disampaikan Kapendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen di Media Center Jl. Aceh No. 69, Kota Bandung, Jawa Barat Rabu (14/09).

Menurut Kapendam, kegiatan pembuatan puluhan lubang biopori dipimpin langsung Dansub 1 Peltu Harapan Napitupulu beserta para anggota.

Selain pembuatan lubang biopori, sambung Kapendam, Sub 1 pun gencar melakukan penataan lingkungan yang menjadi tanggungjawabnya, seperti perawatan pohon agar dapat tumbuh dengan baik hingga akhirnya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Sementara kegiatan pemeliharaan lingkungan diimbangi kegiatan patroli dan sosialisasi kepada anak – anak terkait program Citarum Harum.

“Kegiatan patroli dan sosialisasi pemeliharaan lingkungan dapat menghasilkan output terpeliharanya lingkungan Citarum Harum yang bersih, khususnya di sektor 5 sub 1 juga membentuk anak-anak cinta akan lingkungan, mereka akan menjadi penerus serta kader yang memelihara kelestarian alam,” ujarnya.

Kapendam menjelaskan, pembuatan lubang biopori bertujuan untuk meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah sehingga mampu mengurangi resiko banjir akibat meluapnya air hujan, juga dalam upaya menjaga ekosistem yang ada.

Sementara makna tersendiri dari biopori adalah lubang resapan yang dibuat tegak lurus dalam tanah, lubang tersebut kemudian diisi dengan sampah organik, sampah organik yang ada di lubang menjadi makanan cacing yang kemudian cacing-cacing ini akan membuat terowongan kecil yang dapat meningkatkan luas permukaan tanah sehingga memiliki berbagai manfaat bagi lingkungan.

Hal yang sama dikatakan Dansub 1 Sektor 5 bahwa perawatan pohon dan pembuatan lubang biopori ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam menjaga ekosistem sungai Citarum dan bantarannya.

“Terkait sosialisasi kepada anak-anak tentang program Citarum Harum serta kegiatan patroli bertujuan agar anak – anak bisa ikut berperan aktif sejak dini dalam melestarikan lingkungan dengan menjaga dan memelihara ekosistem yang ada, “tuturnya.

(Pendam III/Siliwangi).

Rie.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan