Aidin Barlean sebagai Direktur Utama PT. Intergrasi Transit Jakarta (ITJ) : Revitalisasi Taman Literasi Martha Tiahahu Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Sehubungan dengan selesainya revitalisasi Taman Literasi Martha Christina Tiahahu maka PT Integrasi Transit Jakarta dan PT MRT Jakarta (Perseroda) bersama Gurbernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Literasi Martha Christina Tiahahu pada hari Minggu, 18 September 2022 di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Blok M.

Dalam sambutan Aidin Barlean sebagai Direktur Utama PT. Intergrasi Transit Jakarta (ITJ) menyampaikan bahwa ; “Pertama-tama marilah kita puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat hadir pada acara peresmian Taman Literasi Marta Tiaahu. Sebagai pengelola kawasan transportasi transit Blok M – Asean sebagaimana diamanatkan Pemprov DKI Jakarta melalui PT. MRT Jakarta, PT. Integrasi Transit Jakarta (ITJ) mengemban beberapa tugas dan amanah. Bentuk tugas dan amanah yang diwujudkan melalui program-program salah satunya adalah revitalisasi Taman Marta Tiaahu menjadi taman literasi.

Untuk mewujudkan program tersebut kami bersama dengan SKPD terkait telah melakukan kolaborasi diantaranya dinas pertamanan dan hutan kota, dinas cipta karya tata ruang pertanahan, badan pengelolaan aset daerah, dinas bina marga, dinas perumahan rakyat dan pemukiman, dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu, dinas perpustakaan dan kearsipan data dan SKPD lainnya.

Selain kolaborasi dengan SKPD terkait kami juga melakukan kolaborasi dengan beberapa komunitas diantaranya komite Jakarta Kota Buku sebagai bagian dari vocal point Jakarta untuk UNESCO. Kemudian komunitas Leka-Leka, komunitas thread Lock Indonesia, komunitas Baja Bara SBC, Komunitas Ibu Ibu Book Club, komunitas Pelangi Eka Nusa, Komunitas Gaun, dan komunitas lainnya. Kami harap kedepannya akan ada banyak komunitas lain untuk ikut serta untuk berkolaborasi dan secara aktif memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Taman Literasi ini.

Taman literasi Christina Marta Tiaahu ini adalah merupakan komitmen kami dalam mendukung perwujudan indikasi program pemerintah DKI Jakarta yang tertuang dalam peraturan Gubernur No. 55 Tahun 2020 tentang panduan rancangan kota kawasan pembangunan berorientasi transit di Blok M dan Sisingamangaraja. Taman literasi Christina Marta Tiaahu ini dibangun sebagai aktivasi ruang ketiga yaitu tempat interaksi bagi warga diantara rumah dan tempat kerja. Dengan konsep pembangunan yang mempertemukan pengunjung taman dengan alam secara langsung maupun tidak langsung.

Hal ini diwujudkan melalui salah satunya memaksimalkan ventilasi yang ada, pencahayaan alami dengan tanaman-tanaman ditaman. Taman literasi yang dibangun diatas lahan kurang lebih seluas 9.000 meter ini menawarkan pengalaman dan suasana yanh berbeda dengan pemandangan ditengah lingkungan perkotaan. Taman literasi ini diharapkan dapat mewadahi kegiatan literasi, bertukar pikiran, berjejaring, serta mendukung pergerakan pejalan kaki dan kegiatan transit dikawasan berorientasi transit Blok M dan Asean.

Konsep desain dan fasilitas taman diangkat dari karakter Marta Tiaahu yang merupakan sosok perempuan yang lembut dan semangat dan keberanian yang luar biasa dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Berbagai fasilitas yang tersedia ditaman literasi ini diantarannya adalah Amphliteater pada area kelas apung, kemudian ada paviliun, ada hiling garden, roof garden, plaza anak, ruang baca literasi dan komunitas dimana pada fasilitas ini pengadaan buku fisiknya kita kolaborasikan dengan beberapa pihak yang diantaranya adalah Perpustakaan Jakarta dan Gramedia. Nantinya ruangan ini juga akan dimanfaatkan oleh komunitas sebagai ruang untuk bertukar ide dan berjejaring. Ada juga area titip baca adalah area dimana pengunjung dapat mengakses buku digital secara gratis di tiga lokasi yaitu Plaza Anak, hiling garden, dan paviliun.

Titip baca merupakan hasil kolaborasi bersama perpustakaan Jakarta dan Taman Literasi Marta Christina Tiaahu untuk pertama kalinya titip baca ini dibuka secara umum. Fasilitas-fasilitas ini sudah siap beroperasi secara penuh tentunya kami berharap dukungan dan usul dari Bapak Ibu sekalian yang hadir disini agar semua tujuan revitalisasi taman Literasi Marta Tiaahu dapat terlaksana beroperasi dan terwujud sehingga kami dapat berkontribusi kepada masyarakat umum DKI Jakarta dan sekitarnya,” tutupnya.

(red Irwan)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan