Peduli UMKM Untuk Punya Toko Daring, BPBJ Kabupaten Bekasi Luncurkan Aplikasi ‘Bebeli’

KABARJABAR.CO- Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Pemerintah Kabupaten Bekasi raih penghargaan atas inovasinya melalui aplikasi ‘Bebeli’ ( Bekasi Berani Beli).

Penghargaan diberikan langsung Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan kepada Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha, Senin (17/09) di Plaza Pemkab Bekasi.

Dibuatnya aplikasi ‘ Bebeli’ menurut Iman, menindaklanjuti Inpres No 2/2022 Tentang
Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, serta
Surat Edaran Bersama Kementerian Dalam Negeri dan LKPP No 1/2022 Tentang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Pada Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Atas dasar hal itu, lanjut Iman, pihaknya membuat aplikasi Bebeli yang ditujukan kepada para pelaku UMKM berskala mikro agar bisa memasarkan produknya melalui toko daring ‘Bebeli’ ini.

“Aplikasi ini untuk mewadahi UMKM Lokal masuk dalam usaha melalui toko daring,” ujar Iman ditemui POSKOTA.CO usai menerima penghargaan tersebut di lapangan upacara.

Mantan Sekretaris Dinas PUPR ini lebih lanjut mengatakan, dari 300 UMKM yang sudah mendaftar di aplikasi ‘Bebeli’ ini, 277 diantaranya sudah memiliki aplikasi ini. Sisanya sedang dalam proses pendaftaran aplikasi.

Iman berharap, dengan telah memiki aplikasi ‘Bebeli’ ini para pemilik UMKM bisa lebih mudah dalam memasarkan produknya. Nantinya, dinas yang ada juga diharapkan dalam memenuhi kebutuhan belanjanya untuk membelinya melalui aplikasi ‘Bebeli’ ini.

Sekedar catatan, di Kabupaten Bekasi ada ribuan UMKM, khususnya yang berskala Mikro. . Namun mereka selama ini cukup kesulitan dalam memasarkan usahanya.

Atas dasar hal itu, membantu pemasaran hasil usaha UMKM Mikro, aplikasi ‘Bebeli’ dibuat . Demi mendukung berkembangnya UMKM di Kabupaten Bekasi, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa menggandeng Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik ( Diskominfosantik) dan Dinas Koperasi dan UMKM.

Saat ini juga sedang dibuat Peraturan Bupati ( Perbup) terkait ‘Bebeli’ tersebut sebagai payung hukum berjalannya program ‘Bebeli’. Perbup tersebut, jelas Iman, diperkirakan selesai akhir September ini bersamaan dengan Perbup tentang Pengadaan Barang dan Jasa di Tingkat Desa.

Sementara itu Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, di acara dan tempat yang sama mengatakan, kegiatan lomba inovasi ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Pmerintah Daerah Kabupaten Bekasi terhadap inovasi yang terus dilakukan oleh perangkat daerah. ( agus suzana)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan