oleh

Lestarikan Warisan Budaya Daerah Disdikbud Indramayu Kenalkan Tenun Gedogan

Indramayu, MPI.co.id

Dalam rangka melestarikan warisan budaya daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indramayu melalui siaran sidang secara virtual yang diikuti seluruh provinsi se-Indonesia, Kamis baru-baru ini, memperkenalkan hasil kerajinan warga Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu berupa Tenun Gedogan.

Baca Juga : AYU TINGTING KENA SOROTAN MUI (ARTIS6.COM)

Baca Juga : VIRAL JENAZAH (MAYAT) DI ANGKUT OJEK (BANGGAI.MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Disebut Gedogan karena saat menenun terdengar suara yang keluar dari alat tenun yang terbuat dari kayu cukup berisik terdengar di telinga.

Plt Kepala Disdikbud Kabupaten Indramayu, Hj Iin Indrayati melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Hj Uum Umiati mengatakan, kerajinan Tenun Gedogan yang dilakukan warga Desa Juntikebon sudah ada sejak dulu dan dikerjakan secara turun temurun.

Hanya saja, saat ini jumlah pengrajin Tenun Gedogan di Desa Juntikebon hanya tiga orang. Itu pun rata-rata usianya sudah sepuh, salah satunya Sunarih (63).

Semoga, hasil sidang secara virtual kerajinan Tenun Gedogan masuk ke dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang harus terus dilestarikan.

Tujuannya agar tidak mudah punah dan bisa dikenal oleh masyarakat se-Indonesia, khususnya warga Kabupaten Indramayu. “Ibu Sunarih termasuk salah satu pengrajin yang saat ini masih membuat pesanan untuk konsumen.

Diantaranya membuat Selendang, Kain, Benting maupun lainnya. Untuk pembuatan satu selendang membutuhkan jenjang waktu sekitar 5-7 hari,” tuturnya, Senin (03/10/2022).

Dalam melestarikan kerajinan Tenun Gedogan, kata Uum, pihaknya telah berkoordinasi dengan Camat Juntinyuat dan isterinya, berharap adanya pelatihan cara pembuatan Tenun Gedogan kepada masyarakat. Sehingga, melalui pelatihan tersebut kerajinan Tenun Gedogan terus dikenal oleh masyarakat sepanjang masa dari generasi ke generasi.

“Budaya Tenun Gedogan merupakan milik masyarakat Indramayu, oleh karena itu masyarakat Indramayu pula yang harus mempertahankan dan melestarikannya,” ungkapnya, Dikatakan Uum.

Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini hanya memfasilitasi tentang pelestarian dan regulasinya, apabila kita terus menggali satu persatu warisan budaya daerah yang dimiliki Kota Mangga Indramayu maka akan semakin banyak budaya-budaya  yang bisa ditingkatkan.

Misalkan, warisan budaya yang semula tidak dikenal akhirnya bisa terangkat kembali, setelah terangkat banyak dikenal masyarakat. Termasuk oleh masyarakat luar Indramayu.

“Dengan kepemimpinan Bupati Hj Nina Agustina, Disdikbud Bidang Kebudayaan Indramayu terus mengembangkan dan melestarikan bahkan memanfaatkan budaya yang sangat terasa sekali. Contohnya ketika siaran sidang virtual, kerajinan Tenun Gedogan mendapat apresiasi dan perhatian dari berbagai provinsi, khususnya dari Pemprov Jawa Barat,” tandanya.(Deswin Nazamudin)

Hubungi Redaksi / Bagian Iklan di Whatsapp Center 08999208174

Baca Juga : SEEKOR HARIMAU SERANG DOKTER HEWAN DI TAPSEL (MEDIAPATRIOT.CO.ID)

Baca Juga : KODIM 0504 /JAKARTA SELATAN BERSAMA HIPMI GELAR BAKTI SOSIAL DAN VAKSINASI (BERITAMPI.COM)

Sejarah Berdirinya Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id

Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id didirikan oleh Hamdanil Asykar pada tanggal 27 Maret 2012 di Kota Bekasi Jl. Ir. H. Juanda No.220G Bulak Kapal Bekasi Timur dan Berbadan Hukum PT. GABUSELA (PT. GALIBUMI SEKAR LANGIT).

Namun dengan adanya peraturan baru dari Dewan PERS harus berbadan Hukum PT dibidang khusus Media maka dibuatlah PT baru dengan nama PT. MEDIA PATRIOT INTERNASIONAL dengan alamat yang sama.

Hamdanil Asykar selaku pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi Media Online Nasional www.mediapatriot.co.id sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di PWI Bandung Jawa Barat dengan Tingkat Muda dan segera mengikuti jenjang berikutnya yaitu Madya dan Utama sebagai syarat mutlak Pemimpin Redaksi Media Online harus sudah mengikuti UKW sampai tingkat utama.

Nilai DA 57 dan PA 36 media online nasional www.mediapatriot.co.id otomatis mempunyai harga iklan / backlink yang tinggi yaitu Rp.5.000.000,- (NEGO) / Tayang.

Di ulang tahunnya yang ke 10 mulai tahun 2022 media online nasional www.mediapatriot.co.id memberikan apresiasi kepada para pengusaha UMKM mendapatkan diskon iklan / backlink mulai dari 10% sampai 90% sehingga bisa memberikan Brand kepada semua UMKM bisa dikenal keseluruh Indonesia bahkan ke mancanegara. (REDAKSI)



UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1443 H / 2022 M DARI BERBAGAI INSTANSI PEMERINTAH / SWASTA :


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *