2 Desa di Kabupaten Indramayu Peroleh Penghargaan Desa Sadar Hukum Tahun 2022

Indramayu, MPI.co.id

Desa Cadangpinggan dan Desa Sukagumiwang Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu mendapatkan penghargaan Desa Sadar Hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Tahun 2022 di Aula Barat Gedung Sate Provinsi Jawa Barat, Kamis (3/11/2022).

Mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jajang Sudrajat menerima langsung Penghargaan Anubhawa Sasana Desa atau Desa Sadar Hukum Tahun 2022 oleh Plh. Kepala BPHN Kemenkuham RI, Audy Murfi M.Z.

Dikatakan Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jajang Sudrajat, sebagai bentuk sinergitas kerjasama yang dilakukan Kemenkumham RI dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 10 desa di Kabupaten Indramayu ditetapkan sebagai desa sadar hukum tahun 2020-2022.

Dipaparkan, sebanyak 6 desa di Kabupaten Indramayu ditetapkan sebagai desa sadar hukum pada Tahun 2020 meliputi Desa Cibeber Kecamatan Sukagumiwang, Desa Sleman Kecamatan Sliyeg, Desa Sleman Lor Kecamatan Sliyeg, Desa Rambatan Wetan Kecamatan Sindang, Desa Kenanga Kecamatan Sindang, dan Desa Wanantara Kecamatan Sindang.

Kemudian di Tahun 2021 telah ditetapkan 2 desa sadar hukum meliputi Desa Rancasari, Kecamatan Bangodua dan Desa Beduyut, Kecamatan Bangodua, serta di Tahun 2022 ditetapkan 2 desa di Kabupaten Indramayu sebagai sadar hukum meliputi Desa Bondan, Kecamatan Sukagumiwang dan Desa Cadangpinggan, Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu.

Kemudian di Tahun 2021 telah ditetapkan 2 desa sadar hukum meliputi Desa Rancasari, Kecamatan Bangodua dan Desa Beduyut, Kecamatan Bangodua, serta di Tahun 2022 ditetapkan 2 desa di Kabupaten Indramayu sebagai sadar hukum meliputi Desa Bondan, Kecamatan Sukagumiwang dan Desa Cadangpinggan, Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu.

Dalam kesempatan tersebut ikut mendampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jajang Sudrajat dalam peresmian atau penghargaaan desa sadar hukum Tahun 2021 diwakili Kepala Desa Rambatan Wetan Kecamatan Sindang, Tahun 2021 diwakili Kepala Desa Rancasari Kecamatan Bangodua dan Tahun 2022 diwakili Kepala Desa Cadangpinggan dan Kepala Desa Bondan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu.

Diterangkannya, kriteria penilaian tingkat kesadaran hukum masyarakat setiap desa atau kelurahan didasarkan pada jumlah nilai sadar hukum yang meliputi 4 dimensi seperti akses informasi hukum, dimensi implementasi hukum, dimensi akses keadilan, dan dimensi demokrasi dan regulasi.

“Desa atau kelurahan sadar hukum dapat diartikan sebagai desa yang telah dibina atau karena swakarsa dan swadaya sendiri memenuhi kriteria desa atau kelurahan sadar hukum dan terhadap sebuah desa yang telah memenuhi kriteria desa atau kelurahan sadar hukum. Hal ini tidak terlepas dari peran Bupati Indramayu Nina Agustina, sehingga 10 desa di Kabupaten Indramayu dari 2020 hingga 2022 ditetapkan sebagai desa sadar hukum,” terangnya.

Sementara itu Plh. Kepala BPHN Kemenkuham RI Audy Murfi M.Z menyampaikan, rasa bangga kepada para kepala desa atau lurah yang tentunya berhasil mencapai prestasi dalam masyarakat hukum di wilayahnya dengan segala ketidak mudahan ketentuan yang berlaku, sehingga pada akhirnya mampu dan mendapatkan predikat sebagai desa kelurahan sadar hukum.

“Saya menyadari adalah tidak mudah untuk mencapai predikat desa kelurahan sadar hukum, karena harus memenuhi beberapa kriteria dan indikator penilaian indeks desa atau kelurahan yang sangat kompleks. Hal ini diharapkan dapat menjadi perhatian bagi desa atau kelurahan lain dalam meningkatkan dan mewujudkan kesadaran hukum masyarakatnya,” ungkapnya.(Deswin N)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan