Persembahan Bagi Penyandang Disabilitas, LPM Ciketingudik Gulirkan Program Bantuan Kursi Roda

Kota Bekasi, MPN
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, menggulirkan program bantuan kursi roda untuk warga penyandang disabilitas. Program ini merupakan wujud empati para pengurus lembaga yang menjadi mitra pemerintahan ini terhadap masyarakat berkebutuhan khusus dari kalangan keluarga tidak mampu.

Bantuan kursi roda ini secara simbolis diberikan Camat Bantargebang Cecep Miftah Farid kepada H Mak, warga di RW 07 Kelurahan Ciketingudik yang mengalami kelumpuhan akibat pengapuran tulang. Nampak hadir dalam penyerahan bantuan ini, Lurah Ciketingudik Nahwan Wawan, Ketua LPM Ciketingudik Salim Samsudin, dan segenap ketua RW yang ada di wilayah Kelurahan Ciketingudik.

Ungkapan rasa haru langsung disampaikan Hj Rumsah (60), istri dari H Mak saat menerima bantuan kursi roda. Dia menjelaskan suaminya belum lama ini menderita kelumpuhan akibat adanya pengapuran tulang.

“Kami merasa terharu dan menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas kebaikan dan perhatian yang diberikan untuk keluarga kami. Bantuan ini sangat meringankan beban keluarga kami,” ungkap Rumsah sambil memohon doa untuk kesembuhan sang suami.

Sementara itu, Camat Bantargebang Cecep Miftah Farid memberikan respin positifnya terkait program kepedulian yang digulirkan LPM Ciketingudik. “Program yang diterapkan jajaran LPM Ciketingudik ini sangat positif, tentunya program ini akan langsung dirasakan manfaatnya untuk masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Program kepedulian ini, menurut Cecep merupakan aksi nyata yang dilakukan LPM Ciketingudik dalam membantu dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami masyarakat. “Ini wujud respon cepat. Begitu ada masyarakat yang mengalami kesulitan atau permasalahan, pihak LPM Ciketingudik langsung meresponnya sekaligus membantu dan memberikan solusinya untuk meringankan beban masyarakat yang sedang dilanda musibah,” ujanya.

Selanjutnya Cecep berharap aksi kepedulian ini menumbuhkan rasa empati bagi kalangan masyarakat untuk saling menolong dan saling membantu meringankan beban penderitaan orang lain. “Harus jadi motivasi bagi masyarakat untuk menumbuhkan rasa empati terhadap orang-orang di sekitarnya, minimal memiliki kepekaan dan sikap saling menolong terhadap tetangganya yang sedang kesusahan,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LPM Ciketingudik Salim Samsudin menyatakan pihaknya menyiapkan 15 kursi roda untuk masyarakat yang membutuhkan. “Kami dari kelembagaan ingin membantu meringankan beban masyarakat, sesuai kebutuhan masyarakat kurang mampu,” ulasnya.

Selama ini, kata Salim, kepedulian atau bantuan yang diberikan untuk warga yang sakit hanya sebatas mengantarkannya ke rumah sakit. “Nah begitu warga yang sakit atau menderita kelumpuhan tadi kembali ke rumahnya, mungkin tidak ada lagi yang memperhatikan bagaimana kondisinya, dan nasib anggota keluarganya,” katanya.

“Nah disini LPM Ciketingudik hadir memberikan perhatian, agar warga yang sakit tidak menjadi beban fikiran atau menambah beban anggota keluarganya. Setidaknya, keluarga tidak perlu lagi menambah pengeluaran untuk membeli kursi roda,” papar Salim.

Salim lalu berharap program yang digulirkan memberikan manfaat bagi masyarakat. “Karena program yang kami gulirkan senantiasa menjadi jawaban dari kebutuhan masyarakat dan lingkungan, sesuai apa yang diusulkan masyarakat,” pungkasnya. (Mul)