Pimpin Apel Pagi Di SMK 1 Perguruan Cikini, Kadis Dukcapil Ajak Siswa-Siswi Rekam E-KTP

Jakarta , – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaluddin memimpin apel pagi di SMK 1 Perguruan Cikini, Jalan Alur Laut, Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara, Senin (14/11). Kegiatan ini bertujuan untuk jemput bola kebutuhan administrasi kependudukan siswa-siswi dalam perekaman KTP elektronik.

“Kegiatan yang kami (Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta) lakukan bertujuan memberikan pelayanan yang menyenangkan dan membahagiakan bagi masyarakat khususnya adik-adik siswa-siswi SMK 1 Perguruan Cikini,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaluddin.

Budi menambahkan tugas Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta adalah memberikan pelayanan pencatatan untuk peristiwa penting, dan juga peristiwa kependudukan.
“Peristiwa penting yang ada di masyarakat mulai dari kelahiran, kematian, pernikahan, hingga perceraian. Untuk peristiwa kependudukan sendiri seperti pindah, datang, mobilitas pendudukan atau perubahan biodata, kami hadir untuk masyarakat, jadi Dinas Dukcapil hadir pada saat masyarakat membuka mata ataupun lahir dan hingga masyarakat menutup mata ataupun meninggal,” ungkapnya.

Budi mengatakan hadirnya Dukcapil di SMK 1 Perguruan Cikini adalah untuk memudahkan siswa-siswi memperoleh perekaman KTP elektronik.
“Kami hadir di sini untuk adik-adik yang belum melakukan perekaman E-KTP, yaitu bagi adik-adik yang berumur 16 tahun, atau 17 tahun, yang belum punya KTP elektronik. Kami sadar, mungkin adik-adik semua kesulitan untuk melakukan perekaman karena harus sekolah, apalagi siswa kelas 2 yang akan ke kelas 3 terkadang sekolah sampai sore, sehingga tidak sempat datang ke kelurahan. Dengan hadirnya kami di sini, teman-teman tidak perlu lagi datang ke kelurahan atau kecamatan untuk melakukan perekaman sidik jari, mata, dan foto. Untuk para guru yang mau mengupdate datanya, mengupdate biodata dipersilakan. Kegiatan ini merupakan kegiatan turunan dari yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, yaitu GISA, Gerakan Indonesia Sadar Adminduk. Harapannya seluruh masyarakat khususnya warga SMK1 Perguruan Cikini mempunyai dokumen kependudukan,” tuturnya.

Sementara Kepala Sekolah SMK 1 Perguruan Cikini, Rifat mengucapkan terima kasih kepada Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta.
“Saya bersyukur ada pencerahan kepada siswa-siswi tentang dukcapil ini, sehingga adik-adik di sini memahami pentingnya memiliki dokumen kependudukan dan para guru juga dapat mengupdate (memperbarui) dokumen yang dimiliki,” katanya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta juga berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara untuk melakukan pengecekan golongan darah, karena golongan darah merupakan elemen data yang ada di data kependudukan KTP dan KK. Siswa-siswi dan guru juga dapat melakukan donor darah, dimana PMI telah menyiapkan sebanyak 100 kantong darah. Hadir bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaluddin dalam kegiatan ini adalah Kasudin Dukcapil Jakarta Utara, Edward Idris dan Kepala Markas PMI Jakarta Utara, Nurhasanudin.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan