Hari Menanam Pohon Indonesia, Walikota Jakarta Utara ‘Flash Back’ Jakarta di Masa Dahulu

Jakarta , – Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengenang kilas balik (flash back) kondisi Jakarta di masa dahulu yang penuh pepohonan, sebelum masifnya pembangunan.

Hal itu diungkapkan saat dirinya menghadiri acara penanaman pohon dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), yang digelar PT. PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Muara Karang, di Kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (28/11).

Banyaknya pepohonan di Jakarta diungkapkan Ali seperti yang tergambar dalam film Si Doel Anak Sekolahan. Hampir setiap rumah memiliki kebun yang berisi tanaman rindang sehingga membuat suasana lingkungan asri nan sejuk.

“Kalau kita menonton film Si Doel Anak Sekolahan, rumahnya, jalanannya itu banyak pepohonan. Hampir semua rumah punya kebun. Jakarta dahulu ya seperti itu,” ungkap Ali Maulana Hakim dalam sambutannya, Senin (28/11).

Namun kini, Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta jelas Ali tercatat kurang dari 20 persen akibat masifnya pembangunan.

Untuk itu, kondisi lingkungan yang telah rusak itu diimbaunya untuk kembali ditanami pohon supaya tetap terjadinya pelestarian dan keseimbangan terhadap alam.

“Kita harus membayar dampak pembangunan, kita harus kembalikan lingkungan yang seperti dahulu. Itu hutang bagi kita generasi penerus. Hutang itu harus dibayar, bayarnya dicicil, jangan ngga bayar sama sekali. Tahu-tahu alam menagih. Permukaan air laut turun, tiba-tiba gempa, dan musibah lainnya karena alam menagih lingkungannya dikembalikan seperti dahulu. Untuk itu jangan sampai ditagih, kita harus bayar hutang itu dengan perbaiki lingkungan, minimal kita menanam pohon,” jelasnya.

Sementara itu, General Manajer PT. PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Muara Karang, Maryono menerangkan sedikitnya seratus pohon dari berbagai jenis ditanam pada peringaran HMPI Tahun 2022.

Penanaman pohon ini merupakan bentuk pelestarian sumber daya hayati, memastikan keberlangsungan bumi, yang selaras dengan visi PT. PLN Nusantara Power yakni menjadi perusahaan terdepan dan terpercaya dalam bisnis energi berkelanjutan di Asia Tenggara.

“Ini selaras dengan misi kami yaitu menjalankan bisnis energi yang inovatif, kolaboratif, tumbuh berkelanjutan serta berwawasan lingkungan. Jadi kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan visi misi kami untuk memastikan lingkungan lestari,” tutup Maryono.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan