Sosialisasi Bareng Kemenkes, Wenny Haryanto Sebut Germas Jadi Cara Ampuh Upaya Penurunan Stunting dan Covid-19

Kota Bekasi, MPN
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar Dra Hj Wenny Haryanto, SH kembali menyambangi masyarakat Kota Bekasi, Selasa (6/12). Kali ini, kedatangannya dalam rangka Sosialisasi Germas dalam Penurunan Stunting dan Covid-19 bersama Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes RI).

Sejumlah narasumber hadir dalam sosialisasi yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Yayasan Pendidikan Fisabilillah (Yasfi) Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, ini. Mereka adalah Dr Ir Chandra Rudyanto, MPH selaku Pejabat Fungsional Promosi Kesehatan Ahli Madya Kemenkes RI, dan Drg Mutia selaku Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Kadin Indonesia Kota Bekasi Huda Sulistio, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Yasfi KH Rahmaddin Afif, Pengasuh Pondok Pesantren Yasfi Ustad Sholahudin Malik, unsur Tiga Pilar Kelurahan Jatiluhur, dan tokoh masyarakat setempat. Sementara, peserta sosialisasi yang hadir sekitar 200 peserta dari kalangan kader TP PKK, kader Posyandu dan masyarakat umum.

Melalui pemaparannya, Wenny Haryanto, memberikan penjelasan mengenai Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat. Menurutnya, Germas Hidup Sehat yang diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Ia menambahkan, aksi atau kegiatan Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih, sehat dan memberikan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Secara umum, Wenny menyebut tujuan Germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat sehingga memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang. “Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit,” tegasnya.

“Munculnya pandemi Covid-19 berpengaruh sangat besar terhadap berbagai bidang kehidupan manusia di seluruh dunia, terutama pada sektor ekonomi dan kesehatan. Kejadian luar biasa akibat adanya pandemi ini membuat setiap orang saat ini menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan din keluarga dan lingkungannya,” papar Wenny yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) VI meliputi wilayah Kota Bekasi dan Kota Depok.

Karena itu, Wenny kemudian mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk ikut berperan serta dalam memasyarakatkan Germas. “Germas merupakan satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat untuk membantu pemerintah terkait upaya penurunan Stunting dan Covid-19, dan ini menjadi cara yang ampuh bagi kita semua,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr Ir Chandra Rudyanto, MPH mengingatkan masyarakat bahwa penyebaran virus Covid-19 masih terjadi hingga saat ini. “Kita tidak boleh lengah, karena sampai saat ini Covid masih ada meski penyebarannya tidak separah saat pandemi lalu,” katanya.

Namun demikian, Chandra menyebut dampak dari Covid-19 tidak terlalu mengkhawatirkan bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin. “Namun bisa dikatakan tetap berbahaya bagi masyarakat yang memiliki komorbid atau penyakit bawan, jika terpapar virus Covid-19,” ujarnya

Chandra sepakat disiplin pola hidup bersih dan sehat melalui Germas bisa menjadi upaya masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran Stunting dan Covid-19. “Bukan hanya untuk diri kita sendiri, Germas juga bisa melindungi keluarga kita dan orang-orang di sekitar kita dari ancaman penyakit berbahaya,” pungkasnya. (Mul)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan