Sukseskan Program Strategis Nasional, Wenny Haryanto Himbau Pelaku UMKM di Kota Bekasi Manfaatkan Program BPJS Kesehatan

Kota Bekasi, MPN
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar Dra Hj Wenny Haryanto, SH mengajak seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menemgah (UMKM) untuk memiliki asuransi kesehatan yang dijamin oleh negara, yakni BPJS Kesehatan. Jaminan kesehatan ini menurutnya sangat penting dimiliki setiap warga negara sebagai bentuk perlindungan diri sekaligus merupakan jaminan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan memadai.

Ajakan ini disampaikan Wenny Haryanto saat menggelar Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang dilaksanakan Selasa (13/12). Nampak hadir dalam sosialisasi ini, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Bekasi Mega Yudha Ratna Putra, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Kota Bekasi Zuamah, dan Ketua Kadin Indonesia Kota Bekasi Huda Sulistio.

Dalam kesempatan itu Wenny Haryanto menyampaikan dukungannya terhadap program yang dilaksanakan mitra Komisi IX DPR RI. “Sebagai anggota Kornisi IX DPR RI, saya selalu mendukung berbagai kegiatan yang dilaksanskan oleh para mitra Komisi IX DPR RI, salah satunya kegiatam Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional ini yang diselenggarakan bersama BPJS Kesehatan,” ulas Wenny yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) VI meliputi wilayah Kota Bekasi dan Kota Depok.

Wenny menjelaskan pemerintah menjamin pelayanan kesehatan untuk warga negara melalui program BPJS Kesehatan ini. “Oleh karena itu saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk pelaku UMKM di Kota Bekasi untuk ikut bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan, baik secara mandiri atau melalui PBI,” tegasnya.

Wenny mengingatkan kita agar tetap menerapkan disiplin hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari segala jenis penyakit berbahaya. “Tapi kita juga perlu berjaga-jaga jika suatu saat nanti kita mengalami sakit, nah dengan memiliki BPJS Kesehatan kita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Bekasi Mega Yudha Ratna Putra menyatakan tujuan dari diselenggarakan kegiatan ini adalah tersosialisasikannya program JKN-KIS kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta masyarakat terkait Program Jaminan Kesehatan Nasiional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). “Disamping itu kegiatan ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan DPR:RI khususnya Komisi IX dalam pelaksanaan salah satu program strategis nasional ini,” paparnya.

Negara, kata Yudha, wajib menyediakan akses pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai yang diamanatkan Dasar Negara yakni Pancasila pada Sila ke-5. “Untuk itu, sejak 1 Januari 2014 diselenggarakanlah Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat yang kepesertaannya bersifat wajib bagi seluruh seluruh rakyat Indonesia, dimana yang tidak mampu iurannya dibayar oleh pemerintah dan yang mampu dengan membayar iuran secara mandiri,” ungkapnya.

Yudha menyebut di bulan Juli 2022 ini Kota Bekasi sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC). “Pencapaian ini sesungguhnya merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Bekasi untuk mensukseskan Program JKN-KIS sebagai salah satu program strategis pemerintahan, sekaligus sebagai bentuk ketaatan kepada undang-undang yang telah ditetapkan,” katanya.

Yudha kemudian menyampaikan salah satu manfaat unggulan yang dapat diterima oleh peserta JKN-KIS adalah portabilitas. “Setiap peserta JKN-KIS dengan status kepesertaannya aktif hanya dengan menunjukkan NIK/KTP, maka sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia,” paparnya.

Mengakhiri sambutannya, Yudha berharap sosialisasi ini dapat memberikan Informasi yang bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat dalam pemanfaatan program Jaminan Kesehatan Nasional dan layanan kesehatan prima. “Saya harapkan kita semua, seluruh elemen bangsa, dapat bekerja sama mensukseskan Program JKN-KIS, sebagai salah satu upaya bersama dalam mewujudkan kehidupan bangsa dan rakyat Indonesia yang lebih sejahtera,” pungkasnya. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan