Dalam Rangka Milad, Gapensi Sumedang Harap Perbaikan dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa


SUMEDANG, Media Patriot – Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) saat ini genap berusia 64 tahun. Khusus untuk Gapensi cabang Sumedang, acara miladnya dilaksanakan dengan sukuran sederhana di kantornya, Senin (09/01/2023).

Dalam ajang sukuran tersebut, Ketua Gapensi Kabupaten Sumedang, Cuncun Chandra Suhera, ST, mengucapkan rasa terimakasih kepada segenap anggota yang turut hadir. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pada tahun 2023 ini banyak sekali evaluasi dan saran terkait proses pengadaan barang dan jasa. Khususnya yang terjadi di Kabupaten Sumedang.

Untuk itu, pada kesempatan yang sama, Cuncun menyampaikan beberapa hal yang sekiranya bisa menjadi langkah perbaikan bagi para pelaku usaha jasa kontruksi. Yaitu :

Pertama, Gapensi Sumedang meminta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kedepannya bisa menjalin kerjasama dengan para pengusaha yang betul-betul memiliki Perusahaan Jasa Konstruksi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Kedua, Gapensi Sumedang menghimbau para pengusaha pengadaan barang dan jasa kontruksi untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan usahanya. Sebab, akhir-akhir ini banyak sekali proses hukum yang melibatkan para pengusaha.

Ketiga, Gapensi Sumedang meminta proses e-katalog khusus bidang Bina Marga agar dipisah antara pengerjaan pelengkap dan pabrikasi Hotmix. Karena jika tidak dipisahkan akan mempersempit peluang usaha bagi pengusaha kecil jasa kontruksi lokal.

Keempat, Gapensi Sumedang memohon proses pencairan keuangan di Pemda bisa lebih dipermudah. Karena, saat ini ada salah satu dinas atau bidang yang begitu ribet dalam proses pencairan. Hal tersebut dampaknya menyulitkan pada perusahaan Jasa konstruksi. Padahal, di era serba digital, seharusnya lebih mudah, bukan malah sebaliknya. Lama dan jauh lebih sulit.

Kelima, Gapensi Sumedang berharap, PPK bisa memberikan kepercayaan kepada para pelaku usaha jasa kontruksi dalam hal pembuatan syarat jaminan pemeliharaan. Hal ini dimaksudkan agar pekerjaan yang sifatnya pengadaan langsung non tender dapat Jaminan dari Asuransi

Keenam, Gapensi Sumedang berharap, Pemda Sumedang dapat bersinergi dengan Asosiasi Jasa Konstruksi yang ada di Kabupaten sumedang, mengingat keterbatasan perusahaan jasa konstruksi di tahun 2023 dalam mendukung program pembangunan Pemda Sumedang.

“Saya harap, poin-poin yang disebutkan tadi bisa terwujud dengan baik. Agar sinergisitas antara para pelaku usaha dengan direksi berjalan kondusif,” tukas Cuncun.

Sementara, Sekretaris Gapensi Kabupaten Sumedang, Erik Setiamulya, S.IP, mengamini apa yang disampaikan oleh ketuanya. Menurutnya, apa yang disampaikan Ketua Gapensi Sumedang merupakan asupan positif bagi para pelaku usaha dan stake holder pengadaan barang dan jasa kontruksi di Kabupaten Sumedang.

Selain itu, bila poin-poin yang disampaikan Ketua Gapensi Sumedang ini bisa terlaksana dengan baik, diyakini bakal menguntungkan bagi para pelaku usaha pengadaan barang dan jasa kontruksi. Dalam hal ini, para pelaku usaha tersebut bisa mendapatkan pekerjaan secara merata.

“Seperti yang telah disampaikan ketua, saya juga berharap, PPK dapat menjalin kerjasama dengan pengusaha yang benar-benar memiliki perusahaan jasa konstruksi. Agar, tidak terjadi masalah di kemudian hari yang dapat menyulitkan PPK itu sendiri dalam meminta pertanggung jawaban penyadia jasa,” pungkasnya. (Her)

Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan