Aspers Danlantamal XII Pimpin Upacara Penaikan Bendera Merah Putih Di Markas Komando Lantamal XII

*Aspers Danlantamal XII Pimpin Upacara Penaikan Bendera Merah Putih Di Markas Komando Lantamal XII*

TNI AL, Lantamal XII,- Asisten Personalia (Aspers) Danlantamal XII Kolonel Laut (KH) Nur L. Handaka W., S.P., bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Bendera Merah Putih di Lapangan Apel Mako Lantamal XII, Jalan Raya Wajok KM.17, Mempawah, Kalimantan Barat, yang diikuti seluruh Prajurit dan PNS Lantamal XII, Senin (06/02/2023).

Upacara bendera ini diikuti oleh Prajurit dan PNS Lantamal XII Pontianak yang terdiri Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dengan Komandan Upacara Mayor Laut (PM) Arianto yang sehari-hari menjabat sebagai Kasi Hartib Pomal Lantamal XII Pontianak.

Aspers Danlantamal XII Kolonel Laut (KH) Nur L. Handaka W., S.P., mewakili Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto, S.H., M.Si (Han) membacakan amanatnya, bahwa upacara ini adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Senin dan merupakan sarana tatap muka kepada seluruh Prajurit dan PNS Lantamal XII Pontianak.

“Lantamal XII Pontianak yang berada di Kalimantan Barat dilihat dari letak geografisnya berbatasan langsung dengan negara Malaysia, ini merupakan suatu ancaman serius bagi negara Indonesia terhadap kejahatan penyelundupan, salah satunya penyelundupan narkoba,” kata Aspers membacakan amanat Danlantamal XII.

“Maraknya peredaran narkoba di wilayah Kalimantan Barat merupakan ancaman serius bagi Lantamal XII khususnya terhadap personel dan keluarganya, dimana Kalimantan Barat selain sebagai tempat transit penyelundupan narkoba juga merupakan pasar juga bagi peredaran narkoba. Hal tersebut merupakan tugas berat bagi Lantamal XII yang bertugas diposal-posal perbatasan untuk memutus rantai peredaran dan penyelundupan barang ilegal khususnya narkoba yang masuk dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur laut,” lanjutnya.

Selanjutnya dalam amanat Danlantamal XII juga menyampaikan masalah anggaran, dimana pada bulan Februari ini anggaran sudah berjalan diharapkan penyerapan anggaran tahun 2023 segera dilaksanakan. Penyerapan anggaran merupakan suatu realisasi dari anggaran yang telah diagendakan pada satu tahun periode berlaku.

Danlantamal XII juga mengatakan, “Menjelang pelaksanaan Uji Terampil Latihan P1 dan P2 yaitu Latihan Simulasi Pertahanan Pangkalan yang merupakan rangkaian dari kesiapan personel. Dalam Uji Terampil, Prajurit Lantamal XII nantinya akan dinilai oleh Tim dari Kolat Koarmada I. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan dan keterampilan prajurit dalam menghadapi situasi yang sebenarnya,” sambung Aspers.

“Rencana peresmian Lanal Sambas dan Lanal Kumai juga akan dilakukan di tahun ini, peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut pada hakekatnya merupakan implementasi perencanaan strategis TNI Angkatan Laut dalam membangun kekuatan sistem senjata Armada terpadu (SSAT) untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh. Sebagai salah satu komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan mempunyai tugas pokok yang harus terlaksana dengan baik, diharapkan dapat mewujudkan Pangkalan TNI Angkatan Laut yang ideal guna memberikan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur lainnya yang beroperasi,” pungkas Kolonel Handaka.

Hadir juga dalam Upacara bendera di Mako Lantamal XII Kepada Dinas dan Kasatker Lantamal XII Pontianak.

(Dispen Lantamal XII)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan