Polisi Diminta Usut Tuntas Penyebab Banjir Sidempuan

 

PADANG SIDEMPUAN -Media Patriot. co. id-
Aparat kepolisian diminta segera bertindak cepat dan tegas untuk mengungkap penyebab banjir di Desa Goti dan Manegen, Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan.

Tajuddin Harahap, Kepala Dusun I Desa Manegen, kepada wartawan yang menemuinya di sela-sela pembersihan material banjir yang terjadi pada Minggu (19/2/2023), menyebut ada pembukaan tanah register di hulu sungai.

“Pertama, karena hujan lebat. Kedua, karena pembukaan tanah register di hulu sungai, ada yang longsor ini pak,” kata Tajuddin menjawab pertanyaan wartawan.

Berdasarkan penelusuran di mesin pencari web, tanah register adalah tanah negara. Pemerintah memberikan aturan dalam pengelolaannya.

Tajuddin Harahap menyebut faktor penyebab banjir yang melanda Desa Goti dan Desa Manegen di Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara adalah pembukaan tanah negara di hulu sungai.

Ricky Syahputra, warga Padang Sidempuan Tenggara yang menonton vidio singkat wawancara wartawan dengan Kadus I Desa Manegen itu meminta Kepolisian segera bertindak.

“Keterangan pak Tajuddin Harahap ini sudah bisa menjadi pintu masuk bagi pihak Kepolisian, mengusut pembukaan tanah register penyebab penderitaan rakyat Desa Goti dan Manegen,” jelasnya.

Apalagi, katanya, penyebab luapan air ke badan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) penghubung Panyabungan – Padang Sidempuan itu ialah tunggul kayu yang sangkut di bawah jembatan menuju salah satu rumah warga.

Selain bongkahan kayu berikut akar-akarnya itu, di lokasi juga banyak ditemukan bekas potongan kayu. Ada juga rumpun bekas tumbangan bambu yang diduga hanyut akibat abrasi ataupun longsor

“Pak Polisi, tolong usut tuntas ini. Karena Kementerian Ligkungan Hidup dan Kehutanan seperti tidak respek dengan pembukaan tanah register itu,” pinta Ricky.(DTT)

Keterangan Gambar
1.
Tim Terpadu Pemko Padang Sidempuan evakuasi tunggul kayu dan bambu penyebab air meluap ke Jalinsum Desa Goti dan Manegen.
2.
Tajuddin Harahap saat menjawab pertanyaan wartawan tentang penyeban banjir.(red/Al)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan