Silaturahmi dengan PT. JAS dan FTM, Masyarakat Desa Batu Raja Usulkan Prioritas PPM

Wasile, mediapatriot.co.id – PT. Jaya Abadi Semesta (JAS) dan Format Teknik Mandiri melakukan silaturahmi dengan masyarakat desa batu raja dalam rangka membangun kerjasama dan komitmen pelaksanaan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Rabu (22/02/23) di Desa Batu Haltim.

Kegiatan tersebut dihadiri unsur pimpinan di PT. JAS dan FTM, Pemerintah Desa, Penasehat Forum Komunikasi Pemuda Batu Raja (FKPB) dan juga Ketua komisi III DPRD Haltim Slamet Priatno serta masyarakat desa setempat.

Robil Sunanto selaku Kepala Desa Batu Raja, dalam kegiatan tersebut mengatakan Kita memulai silaturahmi ini karena hari ini desa Batu Raja kedatangan investor yang nanti beroperasi di dekat desa, tentunya dengan begitu desa ini akan banyak mengalami perubahan.

“Mudah-mudahan membawa sisi positif.

Karena kegiatan pertambangan nikel di desa kita dari Tahun 2004 selalu membawa masalah,” ungkap Kades.

Atas peristiwa masa lalu yang dilakukan oleh perusahaan sebelumnya kades membangun silaturahmi semoga dalam proses nanti tidak membawa masalah di kemudian hari yang merugikan masyarakat.

“Masyarakat lingkar tambang akan mengalami perubahan secara ekonomi dan pembangunan, karena desa kita paling dekat,” ujar Kades.

Ia juga mengatakan PT Jas dan FTM sudah mendeteksi masalah dari awal, pastinya tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari pada saat menambang.

“Tujuan dari kegiatan ini agar Kita saling mengenal, dan memberikan kita petunjuk dampak yang akan di alami oleh masyarakat lingkar tambang,” imbuhnya.

Sebagai orang nomor satu di desa Batu Robil menyambut dan menerima operasi tambang, karena pemerintah desa tidak punya kewenangan memberikan ijin, tapi negara yang memberikan.

Namun ia juga memberikan tanda petik bahwa tidak bisa mengabaikan masyarakat di sekitar lingkar tambang, tentunya ada hal hal yang harus di berikan ke desa.

“Konstribusi harus di berikan ke desa dan juga hak-hak yang harus di tunaikan oleh perusahaan kepada masyarakat desa, karena dengan begitu Masyarakat akan sama-sama menjaga pihak perusahaan yang datang, dan sebaliknya pihak perusahaan juga menjaga dan memberikan hak hak kepada masyarakat,” pintanya.

“Karena sumber daya alam harus di olah, dan memberikan manfaat ada kewajiban perbaikan terhadap alam, supaya desa ini ikut makmur,” pungkasnya.

Sementara itu Raditya Dwi Prawiro, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. Jaya Abadi Semesta Mengatakan perusahaan ini bergerak di pertambangan nikel, dimana

100% wilayah Subaim masuk dalam wilayah operasi, serta ada beberapa desa yang masuk di Lingkar termasuk desa Batu Raja.

Wiro sapaan akrab KTT mengatakan penambangan pasti merubah bentuk alam, sudah pasti akan dampak yang akan terjadi yang bisa kita lakukan adalah dengan minimalisir.

“Kita berkewajiban memperbaiki kembali alam yang telah kita eksploitasi,” pungkasnya singkat.

Membawa keinginan masyarakat Penasehat Forum Komunikasi Pemuda Batu Raja dan juga Ketua komisi III DPRD Haltim, Slamet Priatno mengatakan perusahaan ini bisa menjadi mitra terbaik kita.

Ia juga bilang atas nama masyarakat Desa Batu Raja memberikan dukungan atas aktivitas PT. Jas dan FTM, dukungan ini di sampaikan dengan adanya cek and balance, antara pemerintah desa, masyarakat dan pihak perusahaan.

“Kita saling support dan mengutamakan menjaga keamanan dan ketertiban, artinya investasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dibidang ekonomi, pendidikan, sosial dan keagamaan, dan kami atas nama Forum Komunikasi Pemuda Desa Batu Raja akan turut aktif mengawal aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat” ujar Slamet.

Slamet juga memberikan warning bahwa perusahaan harus mampu menjawab problem kemasyarakatan, seperti kesenjangan sosial, fasilitas pendidikan, dan infrastruktur pembangunan ekonomi.

“Kami atas nama masyarakat desa batu raja memberikan usulan program prioritas untuk dapat di realisasikan oleh PT. JAS dan FTM melalui program pemberdayaan masyarakat,” tutup Slamet.

Dalam acara tersebut Slamet juga membacakan permintaan masyarakat secara tertulis kepada PT. JAS dan FTM.

1. PT. JAS harus memperhatikan pembangunan sumber daya manusia melalui program beasiswa pendidikan dan atau kegiatan lain yang menunjang.

2. Peningkatan pelayanan publik di bidang infrastruktur melalui program dan atau Kegiatan sebagai berikut. a. Pengadaan air bersih di SMK Maritim, b. SMP 2 Wasile, dan Pembuatan pagar sekolah, turut serta dalam pembangunan rumah ibadah.

3. Kontribusi pembuatan tribun dan lapangan sepak bola desa batu raja.

4. Memprioritaskan perekrutan tenaga kerja non-skill dari masyarakat Desa Batu Raja.

5. Perusahaan menyediakan jatah kuota catring kepada masyarakat Desa Batu Raja.

6. Mendukung program pemerintah desa dan karangtaruna. (Red)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan