Dibuka Lurah Arenjaya, Pengurus RW 19 Gelar Lomba K3 Antar RT

Kota Bekasi, MPN
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi tidak sekedar dirayakan dengan pesta euforia atau satu seremoni yang melibatkan sekumpulan massa. Ada sebagian masyarakat yang justru mengedepankan inovasi dalam memeriahkan Hari Jadi Kota Bekasi ke+26.

Salah satunya dilakukan para pengurus RW 19 Kelurahan Arenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, dengan menggelar Lomba K3 (Kebersihan Keindahan dan Ketertiban) antar lingkungan RT. Lomba yang diikuti 9 lingkungan RT ini dibuka Lurah Arenjaya Pra Fitria Angelia, sedangkan tim penilai dipimpin oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Bekasi Timur, Mayasin.

Dalam lomba K3 ini, seluruh tim penilai yang terdiri dari unsur Kantor Kecamatan Bekasi Timur, UPTD Lingkungan Hidup Bekasi Timur dan Kelurahan Arenjaya ini berkeliling ke seluruh lingkungan RT yang ada di RW 19. Bukan hanya menilai kondisi kebersihan lingkungan, tim penilai juga meninjau kantor-kantor sekretariat RT untuk mengetahui kelengkapan sarana yang ada di tiap kantor sekretariat RT tersebut.

Di sela kegiatan, Sekcam Bekasi Timur, Mayasin, menjelaskan penilaian lomba K3 ini mencakup tiga kategori, yakni partisipasi masyarakat, inovasi, serta kebersihan dan kerapihan lingkungan. “Dalam lomba ini kami menilai seberapa tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan, selain itu juga program-program inovasi apa saja yang digiatkan pengurus RT dalam mengelola lingkungan, dan terakhir adalah kondisi lingkungan yang bereih dan rapih,” ujarnya.

Mayasin mengakui lomba K3 antar RT ini merupakan lomba yang pertama dilakukan pengurus RW yang ada di wilayah Kecamatan Bekasi Timur. Karenanya, dia menyampaikan apresiasinya terkait program inovasi yang digiatkan para pengurus RW 19 Kelurahan Arenjaya.

“Untuk wilayah Kecamatan Bekasi Timur, lomba K3 antar RT ini baru pertama dilakukan. Makanya kami berharap kegiatan ini menjadi percontohan bagi para pengurus RW karena merupakan program inovasi yang dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan, keindahan dan ketertiban lingkungan,” tegas Mayasin.

Apresiasi juga disampaikan Lurah Arenjaya, Pra Fitria Angelia. “Saya sangat mengapresiasi karena bisa memotivasi para pengurus RT untuk membiasakan masyarakat disiplin menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan,” ujar perempuan yang akrab disapa Pipit ini.

Pipit lalu berpesan kepada para pengurus RT yang mengikuti lomba K3 ini agar memiliki semangat tinggi untuk meraih prestasi yang positif. “Bukan hanya sebatas mengejar penghargaan atau hadiah, tapi yang lebih penting adalah memberikan hasil kerja yang maksimal dan kebanggan kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Ketua RW 19 Kelurahan Arenjaya, Hasrul Wahyu Sitompul, menjelaakan lomba K3 antar RT ini merupakan bagian dari agenda 100 hari kerja pengurus RW 19 yang baru, sekalugus merayakan HUT Kota Bekasi ke-26. “Kami berencana mengadakan lomba ini secara rutin tiap tahun sebagai agenda tetap RW 19 yang selaras dengan slogan BHISA, yakni Bersih, Hijau, Indah, Sehat dan Aman,” papar lelaki yang populer disapa Opung Wahyu ini.

Opung sengaja tidak melibatkan keoengurusan RW sebagai tim penilai untuk menghasilkan nilai yang obyektif. “Jadi tidak ada unsur juara titipan atau campur tangan kami dalam memberikan penilaian, semua hasil penilaian merupakan nilai yang obyektif,” tegasnya.

Satu pesan kemudian disampaikan Opung bahwa aksi kebersihan harus dilakukan secara berkesinambungan, bukan hanya saat penilaian. “Untuk menjaga kebersihan, jangan memakai pola kerja seperti Sangkuriang, satu malam kelar. Tapi harus dilakukan secara terus-menerus sehingga membentuk kesadaran masyarakat untuk ikut berperan serta menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan