Angkat tema “The Future of Craft” Prodi Kriya Seni FSRD IKJ kembali mengelar Pameran Kriya Kini yang ke 4 kalinya

Angkat tema “The Future of Craft” Prodi Kriya Seni FSRD IKJ kembali mengelar Pameran Kriya Kini yang ke 4 kalinya

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Angkat tema “The Future of Craft” Prodi Kriya Seni FSRD IKJ kembali mengelar Pameran Kriya Kini yang ke 4 kalinya

Sebagai implementasi kegiatan program kerja Program Studi (Prodi) Kriya Seni, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta (FSRD IKJ) kembali menggelar pameran karya-karya kriya yang bertajuk “Pameran Kriya Kini #4”. Pameran Kriya Kini merupakan kolaborasi antara Prodi Kriya Seni FSRD IKJ dengan Forum Kriya Kontemporer Indonesia (FKKI) yang keempat kalinya menggagas Pameran Kriya Kini #4 “The Future of Craft” berlangsung pada tanggal 17 — 21 Maret 2023 di Galeri Cipta 1, Gedung Trisno Soemardjo, Taman Ismail Marzuki.

Pembukaan Pameran Kriya Kini #4 akan dibuka langsung oleh Rektor IKJ , Dr. Indah Tjahjawulan M.Sn. pada, Jumat (17/03). Pameran kali ini menjadi berbeda dan terasa istimewa karena akhirnya pameran ini dapat terselenggara setelah vakum dua tahun selama pandemi.

Konsep The Future of Craft dipilih untuk dapat melihat karya – karya baru melalui karya kriya yang dihasilkan pada pameran ini dengan inovasi yang sangat beragam. Eksplorasi teknik, penggabungan material dan juga penggunaan teknologi dalam pembuatan karya kriya merupakan beberapa alternatif dalam pembaruan kriya dimasa yang akan datang. Karya seni kriya memberikan kemungkinan yang banyak untuk melakukan ekplorasi gagasan kreatif.

Berdasarkan hasil penelitian BPS (Badan Pusat Statistik Indonesia) dan BEKRAF di tahun 2016, nilai ekspor yang disumbangkan oleh sub sektor kerajinan (kriya) adalah nomor dua tertinggi, hal tersebut menunjukkan pentingnya industri kerajinan sebagai kontributor utama pertumbuhan ekonomi dan posisi global Indonesia dalam industri kreatif, hal tersebut menjadi suatu alasan dalam konsep pameran kali ini yaitu untuk melihat fenomena kriya di masa depan sesuai dengan perkembangan zaman.

Pameran Kriya Kini merupakan pameran bersama mahasiswa, pengajar, alumni dan praktisi yang merupakan agenda rutin; dan pada tahun ini semakin meluas dengan jumlah peserta sebanyak 38 orang dari berbagai perguruan tinggi baik di Pulau Jawa sampai Sumatra dan komunitas kriya. Tujuan dari pameran ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam mengelola pameran seni, pendampingan pengajar dalam bentuk nyata serta membangun kedekatan dengan alumni, komunitas dan institusi sesuai dengan tema kampus merdeka. Selain itu dengan pameran kita dapat mengenal budaya dari beragam seniman yang terlibat.

Para alumni Kriya FSRD IKJ juga memiliki peran penting dalam terselenggaranya pameran ini, Kolaborasi dengan para alumni menjadi jembatan pertukaran ilmu, pengetahuan dan pengalaman di antara mahasiswa, alumni, pengajar dan praktisi. Harapannya pameran Kriya Kini #4 “The Future of Craft” dapat memberikan kontribusi baik dari segi kreativitas maupun keilmuan melalui karya-karya yang dipamerkan dan memperkenalkan Seni Kriya kepada masyarakat khususnya di Jakarta.

Nama-nama Perupa yang menjadi peserta Pameran Kriya Kini #4 :
1. Alexandra Noelle
2. Antin Sambodo
3. Arianne Kresandini
4. Aulia Murid Sasongko
5. Creando Memorias
6. DamDam Ceramic
7. Danny Yuwada
8. Desita Noviyana
9. Dwi Budi Prasetyo
10. Eky Ario Damar
11. Elisabeth Pandusita
12. Erha Riyan Rohmad Hidayat
13. Eugenia Natania Andina
14. Evy Yonathan
15. Farhan Tamir
16. Fauzy Kamal
17. Ferrarizkia Svetlana R
18. FX Lintang Khrisna A
19. Geoffrey Tjakra and Family
20. Marten Agung Laksono
21. Menik Retnadi
22. Michelle Robins
23. Moh. Taufan
24. Muhammad Habibiunnazar
25. Musa Rashuda
26. Nabella Ayu Wulan
27. Nazhwa Princessa Alifia Putri
28. Pimpi Syarley Naomi
29. Rahmania Kusuma
30. Ria Wulansari
31. Ricki Dwi Fitrianto
32. Shean Japanof
33. Suci Farhatul Jannah
34. Tisa Granicia
35. Tri Wahyuni Hidayati
36. Yosi Hidayah
37. Zamilia

Red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan