Bangkitkan Literasi Keluarga: Diskarpus Depok Gandeng YMPAI

Bangkitkan Literasi Keluarga: Diskarpus Depok Gandeng YMPAI

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Bangkitkan Literasi Keluarga: Diskarpus Depok Gandeng YMPAI

LITERASI KELUARGA Yayasan Masyarakat Peduli Anak Indonesia (YMPAI) melalui Rumah Literasi Keluarga menggelar Jelajah Literasi bagi orangtua dan Anak dengan menggandeng Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan (DISKARPUS) Kota Depok dan Komunitas Read Aloud (membaca nyaring) Depok (04/03/2023)

DEPOK- Dalam rangka meluaskan dan menguatkan literasi di masyarakat, Kota Depok dan sekitarnya Yayasan Masyarakat Peduli Anak Indonesia (YMPAI), mengadakan Jelajah Literasi secara luring di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Depok di Jalan Margonda No. 54.

Acara Jelajah Literasi dilakukan 2 kegiatan paralel sekaligus untuk orangtua dengan Workshop Read Aloud dan Jelajah Perpustakaan Kota Depok dan kreasi anak. Acara dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB tersebut, dihadiri oleh Nasum Retno Windandani dari Komunitas Read Aloud Kota Depok dan Pemberi sambutan oleh Direktur YMPAI, Julie Rostina SKM, MKM dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, Ibu Siti Chaeruldjah, SPd, MSi.

Dalam sambutann KepaIa Diskarpus menyampaikan kantornya telah menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan YMPAI dalam penguatan literasi keluarga. Beragam upaya penguatan literasi keluarga dilakukan oleh DISKARPUS untuk menjadikan membaca menjadi sahabat anak dengan membuat program perpustakaan keliling bahkan untuk meningkatkan peran Perpustakaan dan menjadikan perpustakaan menjadi sahabat yang nyaman bagi anak dan masyarakat umum.

“Dalam waktu dekat Perpustakaan Kota Depok akan disertifikasi menjadi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) sebagai penunjang Kota Depok menjadi Kota Layak Anak,’ tambah Siti.

Sejalan dengan itu, Julie menegaskan YMPAI sangat peduli terhadap literasi dalam keluarga melalui program-program Rumah Literasi Keluarganya. Read aloud bertujuan untuk menumbuhkan anak suka membaca dan menjadikan membaca jadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Workshop ini dimaksudkan untuk membangun kapasitas orangtua dalam literasi keluarga dan diharapkan kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara rutin.

Dalam paparannya, Retno Windandani menyampaikan bahwa metode Read Aloud membuat aktivitas membaca menjadi aktivitas menyenangkan bagi anak dan orangtua karena bisa dilakukank kapan saja dengan pilihan buku dan sumber buku secara online yang disukai anak. Selain itu kelebihan metode Read aloud itu karena sangat mudah dilakukan, tidak memakan banyak waktu dan membuat kelekatan anak dan orangtua semakin kuat

“Membaca nyaring ini bisa dilakukan setiap hari hanya dengan 5-10 menit baik itu dengan dibacakan atau si anak membaca sendiri., “ jelas Retno..

Tidak hanya workshop, kegiatan Jelajah Literasi juga menghelat ragam kreasi anak dan mengenalkan perpustakaan sebagai sahabat yang menyenangkan dengan kegiatan Jelajah Perpustakaan. Sekitar 50 anak dari Kota Depok dan sekitarnya hadir dengan penuh semangat dan suka cita mengikuti rangkaian acara dari Senam, Read Aloud untuk anak, dan kreasi crafting Ramadhan.

Apresiasi dan kebahagiaan dirasakan Dwi seorang peserta dari Depok selama mengikuti acara tersebut.
“Pokoknya acaranya bagus banget dan sangat bermanfaat dan sangat memotivasi para ibu sebagai orangtua untuk memantik dan komitmen serta konsisten untuk membacakan buku. bagi anak Selain itu. acara anak semakin menambahkan pengalaman dengan jelajah perpustakaan dan kreasi Ramadhan”jelasnya.

Red Irwan



Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


SIAPAKAH CALEG DPR-RI / DPRD KABUPATEN / KOTA SE INDONESIA YANG TAMPIL HARI INI ?

Posting Terkait

Jangan Lewatkan