KETUA MAHKAMAH AGUNG RI AGAR MEMPERHATIKAN KELUHAN PENCARI KEADILAN DARI SAMOSIR

Samosir, mediapatriot.co.id – Para pencari keadilan yang berdomisili Kab Samosir harus mendaftarkan gugatannya ke Pengadilan Negeri Balige karena belum ada Pengadilan Negeri di Samosir. Hal ini menjadi beban yang sangat memberatkan bagi para pencari keadilan dari Samosir.

Salah seorang Penggugat yang mendapatkan relaas panggilan sidang perdana untuk gugatannya telah hadir pukul 11.00 WIB pada hari Kamis tanggal 27 April 2023 lalu di Pengadilan Negeri Balige. Setelah mendaftarkan namanya di buku sidang, lalu menunggu di ruang tunggu, sampai pukul 14.30 WIB, Tergugat 1 dan Tergugat 2 tidak hadir, lalu Majelis perkara tersebut membuka sidang; ternyata Ketua Majelis menyatakan sidang ditunda karena salah satu anggota majelis sedang cuti, kemudian ditetapkan sidang akan diadakan pada hari Rabu tanggal 17 Mei 2023.

Saya sangat kecewa dengan keadaan ini, ungkap Penggugat yang enggan disebutkan namanya. Saya berangkat dari Samosir pukul 06.00 WIB menggunakan berbagai angkutan darat, kapal yang memakan waktu tempuh sekitar 4 jam, ongkos sekali jalan sebesar Rp 150.000,- Saya sudah menunggu 3.5 jam di Pengadilan barulah sidang dimulai dan untuk ditunda. Waktu yang saya jalani pulang pergi selama 8 jam, untuk ongkos pp dan makan sekitar Rp 400.000,- ternyata sidang ditunda karena salah satu majelis sedang cuti. Seharusnya Pengadilan Negeri Balige menetapkan jadwal sidang dengan teliti agar tidak merugikan pencari keadilan dari Samosir.

Biaya panjar perkara jika menggunakan manual hampir 5 juta rupiah, sedang dengan e court bisa lebih rendah biayanya. Demi untuk mendapatkan keadilan; saya mengeluarkan biaya yang besar untuk gugatan saya ini. Jika disetarakan untuk biaya panjar perkara ini adalah seharga 1 ton jagung pipil. Saya adalah petani dan peternak. Saya tidak menggunakan jasa pengacara sehingga tidak ada biaya tambahan lain.

Saat ini penghasilan bulanan yang diterima oleh Ketua Mahkamah Agung RI merupakan yang paling tinggi di Indonesia, yaitu sekitar Rp 123 juta. Harapan saya walaupun mendapatkan penghasilan yang sangat besar itu, Ketua Mahkamah Agung dapat berempati dengan permasalahan yang dialami oleh pencari keadilan dari Kab Samosir. Mahkamah Agung sudah waktunya menerbitkan peraturan agar pencari keadilan dari Kab Samosir tidak mengalami kerugian uang, tenaga dan waktu ketika memenuhi panggilan sidang yang sudah ditetapkan oleh Majelis Hakim. Transportasi umum dari Balige ke Samosir sangatlah terbatas, sehingga jika berangkat sore hari dari Balige menuju Samosir akan kesulitan mendapatkan angkutan

Pemerintah di era Jokowi senantiasa berupaya mensejahterakan masyarakat dan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan solusi bagi permasalahannya. Tentunya Mahkamah Agung sudah waktunya juga membantu para pencari keadilan agar tidak membuang sia sia uang, waktu dan tenaganya ketika memenuhi panggilan sidang seperti yang saya alami itu (TimRed)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan