Festival Adu Bedug dan Dondang Berlangsung Meriah, Camat Mustikajaya Dapat Pujian Plt Wali Kota Bekasi

Kota Bekasi, MPN
Secara meriah, pihak Kantor Kecamatan Mustikajaya, bersama masyarakat menggelar hajat besar berupa Festival Adu Bedug dan Dondang ke-16 tahun 2023, Minggu (21/5). Kegiatan yang dipusatkan di Stadion Mini H Natrom Nursyamsu ini dibuka Plt Wali Kota Bekasi Tei Adhianto.

Featival Adu Bedug dan Dondang merupakan satu tradisi yang dilaksanakan masyarakat Kecamatan Mustikajaya setiap tahun pasca-perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Hari Lebaran. Tradisi ini menampilkan beragam kreasi dan hiasan bedug dan dondang (wadah berisi aneka makanan yang dibawa pengantin perempuan kepada pengantin laki-laki pada saat pengantin laki-laki mengadakan hajatan).

Acara dimulai dengan aksi pawai yang dilakukan masing-masing peserta dari empat kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Mustikajaya menuju Stadion Mini H Natrom Nursyamsu. Selain menampilkan kreasi bedug dan dondang, di setiap stan peserta juga terdapat ‘pasangan pengantin muda’ yang menunggu kedatangan tamu undangan.

Usai membuka kegiatan, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan respon positifnya terkait tradisi adu bedug dan dondang ini. Selain upaya melestarikan warisan seni dan budaya, menurut dia, festival ini menjadi ajang silaturahmi kalangan masyarakat dengan apaeatur pemerintahan dan stakeholder lainnya.

“Luar biasa untuk perayaan tahun ini, terlihat begitu semangatnya masyarakat menghadiri perayaan ini. Ajang ini menjadi pesta masyarakat, dan saya mengapresiasi upaya yang dilakukan aparatur Kecamatan Mustikajaya sehingga kegiatan ini terlaksana secara suksea dan meriah,” papar Tri Adhianto.

Begitu juga terhadap kalangan masyarakat, Tri menyampaikan pujiannya terkait kreativitas yang ditampilkan melalui adu bedug dan dondang ini. “Ini menunjukkan bahwa wilayah Mustikajaya memiliki kekayaan seni dan budaya yang perlu kita lestarikan dan kita kembangkan bersama-sama,” ujarnya didampingi Camat Mustikajaya, Jaya Eko Setiawan. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan