Peternak Sapi Binaan Satgas Citarum Sektor 21 Siap Pasarkan Pupuk Organik Kascing.

Kab Bandung, MPN.

Mayoritas masyarakat di RW 06 Kampung Caringin adalah peternak sapi, melihat besarnya potensi Kohe yang dihasilkan, satgas Citarum sektor 21 bekerjasama dengan warga setempat membuat inovasi dengan budidaya cacing, sehingga Kohe bisa diolah menjadi Kascing.

Kascing merupakan pupuk organik yang dihasilkan oleh cacing jenis ANC dengan menggunakan media kotoran hewan (Sapi).

Hari ini Kamis (25/05), dibantu Serka Erik para peternak sapi melakukan pengemasan pupuk organik Kascing sekaligus memanen cacing jenis ANC untuk dijual kepada konsumen.

” Pupuk Kascing selama ini digunakan oleh warga Caringin untuk pupuk pertanian dan sayuran, bahan bakunya adalah pupuk kandang yang berasal dari Kohe yang dipelihara di sekitar RW 06,” ujar Serka Erik, satgas Citarum yang ditugaskan oleh Dansektor 21 untuk terus membina para peternak sapi di Caringin.

Para peternak yang tergabung dalam kelompok tani ‘Masagi’ ini mendapatkan apresiasi dari Dansektor 21 Kolonel Inf Bayu Wahyu Murwanto yang datang langsung untuk melihat proses pembuatan pupuk Kascing pada hari Selasa 23 April kemarin.

” Saat ini produksinya masih sangat terbatas, pupuk yang sudah jadi digunakan bagi pertanian warga sekitar, baik untuk padi juga sayuran, hasilnya bagus,” ungkap Serka Erik.

Ditambahkan Serka Erik, satgas Citarum 21 berupaya terus melakukan inovasi agar kotoran hewan yang ada tidak dibuang langsung ke anak sungai Ciwidey yang bermuara ke sungai Citarum.

” Pada saat berkunjung, Dansektor 21 berharap produksi Kascing serta budidaya cacing jenis ANC ini terus dikembangkan, sebagai salah satu bentuk ketahanan pangan bagi masyarakat setempat, agar kedepannya Kohe bisa diatasi dengan baik,” terangnya.

Ditambahkan ketua RW 06 Utar Tarsidi, pendampingan yang dilakukan oleh satgas Citarum sektor 21 ini membawa dampak positif.

” Kami bersama peternak lainnya berusaha mengembangkan budidaya cacing dan Kascing sebagai tambahan ekonomi selain susu perah, ditambah lagi adanya dukungan dari pemerintahan Desa,” imbuh Utar Tarsidi.

Menurut Ketua RW 06, setelah mendapatkan paparan Dansektor 21 serta dukungan dari kepala desa, kami tambah yakin untuk mengembangkan produksi Kascing sebagai upaya penanggulangan kohe di wilayah kp Caringin.

Rie.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan