Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menerima Dani Arwanto, Ketua RT 07/01, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara


Jakarta,- mediapatriot.co.id Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menerima Dani Arwanto, Ketua RT 07/01, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara di Balai Kota, Rabu (7/6).

Dani Arwanto merupakan penerima Penghargaan Kalpataru kategori Perintis Lingkungan tahun 2023. Sebagai Ketua Rukun Tetangga (RT) Dani berinisiatif ingin mengubah lingkungan tempatnya tinggal menjadi tempat yang aman, bersih, sehat, tertata dan ingin mengubah perilaku warganya menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.

Untuk mewujudkan niatnya tersebut tahun 2016 Dani memulai dengan mengajak rekan-rekan RT/RW kelurahan Tugu Utara untuk melakukan Gerakan gang hijau yang diberi nama Gang Hijau Cemara 01.

Gerakan gang hijau cemara 01 mendapat respons baik dari warga, kegiatanpun berkembang yang semula hanya penghijauan lingkungan gang menjadi pembentukan kelompok Tani Gang Hijau Cemara 01 dengan mengajak remaja karang taruna berkegiatan budi daya tanaman anggur impor dan lokal (bibit dan buah), sayuran, tanaman hias dan ikan yang pemanfaatannya untuk ketahanan pangan warga setempat.

Selain Gerakan penghijauan Dani juga mengembangkan kegiatan pada bidang pengelolaan sampah, mengajak warga RW 01 dengan memilah sampah organik dan anorganik. Dani juga mendirikan sekolah Pendidikan Usia Dini dengan sistem pembayaran dua kilogram sampah anorganik per-bulan.

Hạl ini selain sangat membantu warga dalam kemudahan mendapatkan akses pendidikan, juga memikat warga dalam partisipasi pengelolaan sampah.

“Alhamdulillah kami baru saja diundang Bapak Pj Gubernur bahwa ada warga kita yang mendapatkan kesempatan sebagai penerima Anugerah Kalpataru Perintis di wilayah Jakarta Utara,” ungkap Ali Maulana Hakim, Wali Kota Jakarta Utara.

Ali menjelaskan, Dani selain menjadi tokoh masyarakat, juga dikenal sebagai penggerak warga agar sadar dan peduli lingkungan bagaimana dalam mengelola sampah, lalu peduli terhadap lingkungan, serta menginisiasi urban farming dalam pertanian perkotaan.

“Pj Gubernur memberikan arahan agar usaha yang dilakukan Pak Dani ini bisa menjadi contoh dan ditiru oleh masyarakat sekitar,” kata Ali.

Sementara, Dani Arwanto menyampaikan, tempat dia tinggal merupakan salah satu lokasi yang dikenal kumuh dan kotor dengan perilaku warganya yang gemar membuang sampah sembarangan dan apatis dengan lingkungan. Namun berkat kegigihannya, dia mengajak masyarakat untuk mengubah lingkungan menjadi hijau dan produktif.

“Alhamdulillah usaha kami beserta rekan-rekan dari para pengurus RT di RW 01 dan didukung karang taruna kini membuahkan hasil sehingga di tempat kami menjadi lingkungan yang indah dan produktif. Pak Pj Gubernur mengapresiasi program-program yang dilakukan mulai dari pemberdayaan anak-anak muda untuk melakukan urban farming. Kami juga mengedukasi menjaga lingkungan sejak dini kepada murid-murid PAUD,” tandas (JHON )

Posting Terkait

Jangan Lewatkan