Tinjau Demplot Penanggulangan Kohe Sub 09, Dansektor 21 Citarum Ikut Tebar Bibit Cacing.

Kab Bandung, MPN.

Demontration Plot (Demplot), penanggulangan kotoran hewan binaan sub 09 di Kampung Awi Larangan Desa Cisondari Kecamatan Pasirjambu ditinjau langsung Dansektor 21 Kolonel Inf Bayu Wahyu Murwanto.

Kedatangan Dansektor, selain untuk meninjau demplot juga melaksanakan penebaran bibit cacing didalam kotak dengan media kohe yang baru diangkut dari peternak.

Disampaikan Kolonel Inf Bayu, proses penanggulangan kohe dengan cara budidaya cacing yang dilakukan oleh Gungun Gunawan bersama Brigade Cacingnya sudah baik.

Proses dari hulu ke hilir nya jelas, Dansektor berharap rangkaian awal pengambilan Kohe sampai dengan tahap akhir dicatat dengan baik, agar semua peternak bisa mempelajarinya.

” Budidaya cacing dengan media kohe ini harus terus disosialisasikan kepada para peternak sapi lainnya, ajak terus agar mereka tidak membuang kohenya ke anak sungai,” ujar Dansektor 21 yang didampingi Dansub 09 Serma Jamroni, Senin (12/06).

Kelompok budidaya ini tambah Kolonel Inf Bayu, harus mempunyai payung hukum, ajak para peternak yang berada di Desa Cisondari, Mekarmaju juga Cibodas untuk bergabung.

” Kelompok Brigade Cacing ini harus menjadi generasi yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat juga negara dan jangan berhenti berbuat demi kelestarian alam,” tutur Kolonel Inf Bayu.

Dikatakan Gungun Gunawan, lahan yang disiapkan untuk budidaya cacing dengan media kohe tahap awal seluas 7000 meter.

” Sudah ada beberapa peternak dari Kp Ciwaru dan Kp Babakan yang Kohe nya secara berkala ditarik ke demplot dan saat ini kami masih membuat beberapa kotak dari bahan bambu yang rencananya sebanyak 100 kotak dengan ukuran 1X2 meter,” imbuh pendiri kelompok Brigade Cacing.

Dibantu Ustad Rusnawan dan Ajo dirinya merasa terdorong untuk berbuat lebih baik lagi setelah Dansektor 21 Kolonel Inf Bayu datang dan memberikan masukan yang baik.

Menurut Gungun, cacing yang sudah dipasarkan saat ini sebanyak 150 kg perminggu, masih belum mencukupi permintaan pasar.

” Mudah mudahan kedepannya ketersediaan cacing dan Kascing bisa lebih baik lagi, bagi kami ikut berperan dalam penanggulangan kohe supaya tidak masuk ke anak sungai menjadi prioritas utama, cacing dan Kascing merupakan bonus dari upaya yang kami lakukan,” tutup Gungun.

Rie


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan