Rajut Kebersamaan Rayakan Tahun Baru Islam, LPM Cikiwul Helat Lomba Pawai Obor

Kota Bekasi, MPN
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, mengadakan lomba pawai untuk merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah, Selasa (18/7). Lomba ini diikuti peserta yang merupakan utusan dari tiap lingkungan RW yang ada di wilayah Cikiwul.

Selain lomba pawai obor, peringatan Tahun Baru Islam ini juga dirangkai dengan tabligh akbar yang dipusatkan di Lapangan Ragacu RT 003 RW 01 Cikiwu, yang menghadirkan dua penceramah agama, yakni KH Muhtadin dan Ustadz Gus Edwar. Nampak terlihat hadir, unsur Muspika Kecamatan Bantargebang, Lurah Cikiwul Acep Supriyadi, dan segenap tokoh masyarakat Cikiwul.

Ada beberapa kriteria penilaian yang diterapkan dalam lomba pawai obor, yakni banyaknya jumlah massa dalam rombongan, serta kreatifitas yang ditampilkan rombongan peserta pembawa obor, seperti kostum serta berbagai variasi yang berkaitan dengan refleksi perayaan Tahun Baru Islam. Untuk rombongan peserta yang berpretasi, pihak panitia menyoapkan sejumlah penghargaan berupa piala tetap dan uang pembinaan.

Dari hasil penilaian, peserta yang berhak meraih Juara I adalah kontingen dari RW 01, disusul Juara II yang diraih kontingan RW 03, kemudian Juara III diraih kontingen RW 04. Sementara itu untuk Juara Harapan I diraih kontingen RW 06, Juara Harapan II doraih kontingen RW 05, Juara Harapan III diraih kontingen RW 02 dan Juara Harapan IV diraih kontingen RW 07.

Saat diajak berbincang, Ketua LPM Cikiwul Tholib S Hidayat menyatakan pihaknya sengaja menggelar berbagai kegiatan yang merupakan tradisi masyarakat Cikiwul dalam merayakan Tahun Baru Islam setiap tahunnya. “Kami rutin mengadakan kegiatan ini, seperti sudah menjadi tradisi rutin tahunan sebagai wujud dukungan sukacita masyarakat muslim Cikiwul yang merayakan Tahun Baru Islam,” ungkap lelaki yang akrab disapa Bang Black ini.

Black menyebut tradisi pawai obor merupakan tradisi dan menjadi simbol kebersamaan masyarakat dalam menyemarakkan perayaan 1 Muharram ini. “Kami bersyukur karena tradisi ini masih dilaksanakan masyarakat dan menjadi bukti semangat masyarakat Cikiwul dalam menayiarkan ajaran Agama Islam,” ulasnya didampingi Samit Supriyatna selaku pihak panitia pelaksana.

Tak lupa, Black menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan seluruh pihak, termasuk aparatur Kelurahan Cikiwul dan kalangan tokoh agama, yang sudah ikut mensukseskan puncak perayaan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah. “Semaraknya kegiatan ini menjadi alasan bagi kami untuk tetap mengagendakan kegiatan rutin ini agar tetap bisa dilaksanakan di tahun-tahun mendatang, dengan melibatkan kebersamaan seluruh stakeholder yang ada di lingkungan masyarakat Cikiwul,” pungkasnya. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan