DPP KAMPUD, MINTA KEJARI LAMPUNG TENGAH USUT TUNTAS, DUGAAN KORUPSI BANTUAN COVID-19 DI BPBD SETEMPAT.

BANDAR LAMPUNG, MPI – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Aksi Masyarakat dan Pemuda Untuk Demokrasi (KAMPUD) meminta pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Tengah mengusut tuntas dugaan kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) terkait uang belanja bantuan tak terduga (BTT) tahun anggaran 2020 di Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Tengah.

Melalui keterangan persnya, pada selasa 18/7/2023. Ketua umum DPP KAMPUD, seno aji mengungkapkan bahwa menindak lanjuti surat yang dikirim oleh pihak kejaksaan negeri (kejari) lampung tengah ke lembaga KAMPUD, dengan nomor surat B-950/L.8.15/FS.1/03/2022.

Peri hal pemberitahuan tindaklanjut atas laporan dugaan tindak pidana korupsi dalam kegiatan pengelolaan keuangan negara dari alokasi APBD kabupaten lampung tengah tahun anggaran 2020 pada BPBD Kabupaten lampung tengah terkait realisasi belanja bantuan tak terduga (BTT) penanganan penanggulangan Covid-19, yang menyatakan bahwa pihak kejari lampung tengah melalui kepala seksi tindak pidana khusus (kasipidsus), Median Suwardi, S.H, M.H, telah melakukan penyelidikan atas pengaduan dari Lembaga KAMPUD, maka atas dasar itu, Lembaga KAMPUD meminta pihak Kejari setempat untuk mengusut tuntas atas dugaan KKN yang telah dilaporkan pihaknya.

“Menindak lanjuti perkembangan atas laporan dari lembaga kita di kantor kejari lampung tengah, tentunya kita meminta pihak kejari lampung tengah untuk segera menyelesaikan dan mengusut tuntas atas laporan dugaan KKN di BPBD kabupaten lampung tengah terkait realisasi belanja bantuan tak terduga penanganan dan penanggulangan covid-19”, kata seno aji.

Dijelaskan juga oleh sosok aktivis ini, bahwa sudah semestinya pihak kejari lampung tengah. Menerapkan asas dominus litis yang aktif sebagai pengendali perkara sehingga dapat dilakukan upaya supervisi kepada pihak aparat pengawasan internal pemerintah (APIP), dalam menindak lanjuti laporan atas dugaan KKN di BPBD lampung tengah demi kepastian hukum dan dalam rangka penegakan hukum.

“Pihak kejari lampung tengah, sudah seharusnya menerapkan asas dominus litis yang aktif. Sehingga dapat melakukan supervisi kepada pihak APIP dalam rangka penegakan hukum, untuk mengusut tuntas atas dugaan KKN di BPBD setempat”. Pnta seno aji

Lebih jauh seno aji, yang dikenal sederhana ini mengungkapkan bahwa melalui penegakan hukum masyarakat. Tentunya mengharapkan lebih dari sekedar perbaikan kesalahan melalui APIP, melainkan masyarakat meminta pertanggung jawaban kepada yang bersalah.

“Kesalahan harus ditebus, dengan sanksi/hukuman dan bila memenuhi unsur tindak pidana harus diproses oleh aparat penegak hukum. Sehingga membuat efek jera bagi pelaku dan juga orang lain, berpikir seribu kali untuk melakukan hal yang sama. Sehingga praktek kolusi, korupsi juga nepotisme (KKN) menjadi berkurang dan akhirnya hilang.

Hal seperti itulah yang menjadi cita-cita dan semangat bangsa indonesia, yang tercermin dalam undang-undang nomor 28 tahun 1998, tentang penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme (KKN). Karena terkait laporan tersebut, telah dilakukan penyelidikan oleh kejari. Setempat dan dapat dinilai bahwa perbuatan melawan hukum atas realisasi belanja BTT di BPBD lampung tengah, telah terjadi, sehingga pihak kejari dapat meningkatkan status dari penyelidikan ke penyidikan atas laporan tersebut”. Pungkas seno aji

Ada pun sejumlah dugaan KKN realisasi BTT tersebut, diantaranya.

  1. Belanja yang diduga tidak jelas surat pertanggungjawabannya (SPJ) senilai Rp. 665.754.221,00,
  2. Belanja senilai Rp. 715.643.250,-
  3. Belanja bongkar/muat pengadaan beras dan telur senilai Rp. 245.387.138,-
  4. Belanja makan dan minum diduga tumpang tindih/dobel anggaran senilai Rp. 202.649.500,-
  5. Belanja pemakaman jenazah akibat covid-19 diduga dobel anggaran senilai Rp. 67.500.000,-.

(Tim-red)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan