Kaisar Akhir Ketua Umum Maritim Muda Nusantara menghadiri Seminar Nasional yang diadakan oleh Kemenko PMK dengan tema “Transformasi Peradaban Bahari Menuju Indonesia Emas 2045”

Kaisar Akhir Ketua Umum Maritim Muda Nusantara menghadiri Seminar Nasional yang diadakan oleh Kemenko PMK dengan tema "Transformasi Peradaban Bahari Menuju Indonesia Emas 2045"

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Jakarta, 10 Agustus 2023. Kaisar Akhir Ketua Umum Maritim Muda Nusantara menghadiri Seminar Nasional yang diadakan oleh Kemenko PMK dengan tema “Transformasi Peradaban Bahari Menuju Indonesia Emas 2045” di Aula Heritage Kemenko PMK (9 Agustus 2023). Membahas terkait Literasi Sumber Daya Bahari Nusantara Bagi Generasi Muda Menuju Indonesia Emas 2045.

Kaisar Akhir menjelaskan bahwa transformasi peradaban bahari itu bagaimana kita bisa meningkatkan kompetensi, literasi dan juga keterlibatan generasi muda Indonesia, karena kami berasal dari organisasi kepemudaan maritim tingkat nasional yaitu Maritim Muda Nusantara. Fokus kami kepada generasi muda Indonesia. Jadi bagaimana kami memandang transformasi peradaban bahari adalah sebuah transformasi peningkatan kemampuan kapasitas generasi muda Indonesia dari sisi pandangannya, pemahamannya, keterampilannya serta keterlibatannya dalam pembangunan kemaritiman. Berbagai aspek yaitu aspek sosial, ekonomi dan lingkungan. Dalam dunia pendidikan, bisnis, pengembangan teknologi, inovasi dan juga kesehatan, UMKM, pariwisata dan seterusnya. Kami sangat mendorong bagaimana peran serta generasi muda didalam membangun dalam mengembangkan ekonomi kemaritiman yang berkelanjutan tau ekonomi biru di seluruh daerah Indonesia.

Ketika misalnya ada kemajuan teknologi, AI, industri 4.0, society 4.0 itu digunakan dalam rangka pemerataan kualitas SDM yang ada di Indonesia. Jangan sampai dengan adanya kemajuan teknologi itu malah meningkatkan GAP atau kesenjangan sosial, pendidikan dan ekonomi yang ada di Indonesia. Kami menghimbau dan mendorong kemajuan teknologi yang ada di Indonesia bukan untuk meningkatkan atau menambah kesenjangan dalam pembangunan tapi untuk pemerataan. Sehingga adanya akses hak yang sama baik itu yang ada di pulau-pulau besar, maupun yang ada di pulau-pulau kecil. Kota-kota besar maupun yang ada didaerah perbatasan.

Tentunya fasilitasi pembiayaan dari pemerintah untuk adanya sarana dan prasarana yang menunjang akses digital di seluruh wilayah Indonesia. Itu merupakan hal yang menjadi pokok untuk saat ini karena kita tidak bisa lepas dari kemajuan teknologi. Tentunya misal ada tindakan-tindakan kemarin dari KPK kepada para koruptor yang di BTS, kami sangat mengapresiasi karena ini menjadi bukti serius dari pengelola negara ini yang mana jangan sampai ini terjadi lagi. Kami bingung anggaran pemerintah besar tapi masih sulit internet dan sinyal dari berbagai daerah. Sangat sedih bahkan tidak usah jauh-jauh di Pulau Bali masih ada daerah yang sulit sinyal. Kita tidak bisa menyalahkan ini 100% ke Pemda. Bagaimana keseriusan pemerintah pusat untuk ini. Kami sangat menghimbau dan juga mengapresiasi upaya-upaya pemberantasan korupsi dalam hal pengadaan fasilitas-fasilitas teknologi digital yang sebenarnya tidak hanya untuk komunikasi tapi arahnya untuk pendidikan, ekonomi kemudian transportasi dan juga pembelajaran-pembelajaran yang mungkin saat ini mereka masih tertinggal di daerah sana. Dengan adanya teknologi ini bisa mempercepat bagaimana mereka mengetahui perkembangan teknologi dan iptek yang ada. Khususnya dalam rangka mengembangkan dan mengelola sumber daya perikanan dan kelautan yang ada di daerahnya.

“Maritim Muda Nusantara hadir untuk meningkatkan dan menyiapkan SDM Muda Kemaritiman. Kemudian untuk mengembangkan iptek kemaritiman dan juga memperkuat budaya maritim yang ada di Indonesia. Kami mengajak kepada maritim muda Indonesia baik yang punya latar belakang keilmuan di bidang kemaritiman atau yang bukan kemaritiman mari sama-sama di Indonesia bareng-bareng dimulai dari teman-teman ikutan organisasi, komunitas, perlombaan di bidang kemaritiman. Mendorong adanya inovasi yang bisa dikembangkan di dunia kemaritiman. Kami hadir untuk bisa bersinergi antara pemerintah, masyarakat, swasta dan juga dunia pendidikan. Terkait media sosial berperan di generasi muda bahwa pentingnya media sosial kepada perkembangan generasi muda. Maritim Muda telah beberapa kali mengadakan lomba konten digital seperti micro blog, vlog, podcast itu semua membahas kemaritiman. Jadi teman-teman bisa menggunakan media sosial menjadi wadah edukasi kepada generasi muda betapa pentingnya menjaga lingkungan, kayanya potensi laut untuk dimanfaatkan dan diolah bersama-sama,” harapnya.

Red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan