Gen-Z dan millennial lebih tertarik pada masa mendatang yang bisa diberikan oleh Calon Presiden

Gen-Z dan millennial lebih tertarik pada masa mendatang yang bisa diberikan oleh Calon Presiden

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Jakarta – Gen-Z dan millennial menjadi suara penentu kemenangan Pilpres 2024. Ceruk suara yang cukup besar itulah yang nantinya akan diperebutkan masing-masing tim pendukung Capres yang akan bertarung di Pemilu serentak 2024.

Fenomena tersebut terungkap dalam acara diskusi terbuka dalam acara diskusi terbuka KOPDAR (Kajian Opini Politik Dengan Ganjar) yang digagas oleh organ relawan Ganjar Untuk Indonesia berkolaborasi dengan Ganjar1st. Acara yang dilaksanakan pada Jumat 11 Agustus 2023 di Rumah Aspirasi Relawan JL. Barwijaya VIII/6  Jakarta Selatan dengan menampilkan Denny Siregar sebagai pembicara di lokasi acara dan Seno Bagaskoro melalui zoom.

Denny mengingatkan bahwa pilpres 2024 ini adalah merupakan waktunya Gen-Z dan millennial, jadi medan “perangnya” pun jauh berbeda. Di 2019, isu yang diusung adalah melawan radikalisme dan intoleransi, dan kita bisa langsung melihat dengan jelas di kubu mana kelompok-kelompok tersebut berada, dan dengan mudah kita memakai isu-isu itu untuk menyerang kubu lawan. Di Pilpres 2024, isu-isu tersebut sudah tidak berlaku lagi dan sebagai gantinya adalah isu bagaimana kondisi perekonomian di masa mendatang.  Bagaimana kaum gen-z dan millenials ini bisa mendapatkan peluang kerja dan mengembangkan talentanya.

Menyerang capres dengan isu-isu kekerasan yang terjadi di masa lalu juga bisa menjadikan “blunder” tersendiri karena kaum gen-z dan millenials ini tidak mengalami kejadian-kejadian di masa lalu itu secara langsung dan itu membuat mereka tidak terlalu peduli dan hanya akan menimbulkan rasa simpati yang berlebihan terhadap bacapres yang diserang. Lebih lanjut Denny mengambil contoh bagaimana Ferdinand “BongBong” Marcos Jr berhasil menjadi Presiden Filipina terpilih pada tahun 2022 dan sekaligus menandai kembalinya dinasti politik Marcos yang sebelumnya dilengserkan setelah rangkaian demonstrasi besar-besaran oleh rakyatnya pada 1986 silam. Saat BongBong diserang oleh pendukung pihak lawan dengan isu-isu masa lalu keluarganya tentang korupsi dan kekerasan yang dilakukan secara masif, BongBong hanya diam dan tidak membalas sedikitpun, dan ternyata diamnya itu merupakan resep ampuh untuk menimbulkan rasa simpati kepada para pemilih gen-z dan millenials yang jumlahnya mendominasi pada pilpres Filipina di tahun 2022.

Lebih lanjut Seno, melalui sambungan zoom dari Madiun, Jawa Timur, minta agar para pendukung Ganjar Pranowo saat ini harus mampu membanjiri media sosial mereka dengan hasil kerja dan prestasi-prestasi yang dicapai oleh Ganjar selama menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode pemerintahannya dengan cara-cara yang lebih kreatif, menarik, dan durasi yang pendek, seperti yang dapat dilakukan melalui TikTok, yang memang digemari oleh  para pemilih gen-z dan millenials.

Baik Denny maupun Seno menyarankan agar para generasi sebelumnya, baby-boomers (kelahiran tahun 1946-1964) dan gen-x (1965-1976) untuk lebih bisa mendukung cara-cara kekinian kaum gen-z dan millenials berkreasi dalam menghadapi kontestasi pilpres 2024.

Ganjar Pranowo  menjadi pilihan terbaik dari beberapa pilihan yang ada. Hasil survey yang kredibel dan independent harus diakui kaum gen-z dan millenial sebagai bahan pertimbangan rasional dan realistis.

Red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan