Pekerjaan Trotoar Bangunan Pelengkapnya di JL.Pahlawan Revolusi Pondok Bambu Disinyalir Terjadi Kerugian Negara

Jakarta,- mediapatriot.co.id Kepala Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Timur, Benhard Hutajulu tidak memberikan respon terkait kegiatan Pekerjaan Trotoar dan Bangunan Pelengkap di JL. Pahlawan Revolusi Kelurahan Pondok Bambu, Kota Administrasi Jakarta Timur yang dikerjakan oleh penyedia barang/ jasa oleh PT.Dewimas Bahtera dan konsultan pengawasan dilapangan PT.Asia Juli Pradama.

Pasalnya, berdasarkan temuan dilapanganp disinyalir kegiatan pemasangan u-ditch tidak menggunakan lantai Kerja dan termasuk tidak menggunakan Pagar Pengaman Proyek seperti Seng pengaman sepanjang kegiatan berlangsung.

Dan hal tersebut sudah dipertanyakan sesuai dengan No.Surat 0-285/DPP/LSM-GRACIA/Klarifikasi/VIII/2023 ditujukan langsung kepada Kepala Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Timur, yang bersangkutan justru tidak memberikan respon.

Mestinya hal tersebut tidak terjadi padahal sebelum menjadi PNS dan bahkan sebelum menjabat, yang bersangkutan sudah di sumpah dan digaji dari hasil pembayaran pajak yang dibayar oleh rakyat.

Hal tersebut diatur di Peraturan Pemerintah No.94 Tahun 2021, namun sepertinya aturan tersebut hanya “lip service,” tegas Hisar.
Dengan tidak diresponnya surat yang dilayangkan terkait kegiatan yang dipihak ketigakan hal tersebut semakin menambah deretan pejabat disinyalir tidak sesuai dengan yang diharapkan “sebagai pelayan masyarat”, namun justru sebaliknya.

Lantas dimanakah tanggung jawab moralnya, bukankah sudah menanda tangai pakta integritas,” tegas Ketua Umum LSM Gerakan Cinta Indonesia dengan geram.

Berdasarkan Investigasi dan Penelusuran di Jalan Pahlawan Revolusi Kelurahan Pondok Bambu Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Antara lain : Sumber Dana, APBD Provinsi DKI Jakarta. Tahun Anggaran 2023 Waktu Pelaksanaan 135 Hari Kalender Nomor & Tanggal Kontrak 3571/PN.01.02 tgl 28 Juli 2023 Nomor &Tgl SPMK 3572/PN.01.02 tgl 28 Juli 2023
Nilai Kontrak Rp.3.900.684.000,00.

Jelas tertulis pada Papan Proyek tersebut “terlaksana atas partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak”

Hanya saja, berdasarkan banner yang bertuliskan “utamakan keselamatan dan kesehatan kerja” termasuk penggunaan Alat Pelindung di Area ini. Antara Lain: 1).Gunakan Helm Keselamatan, 2).Wajib Pakai Masker, 3).Gunakan Rompi Nyala,4).Wajib Gunakan Sepatu Safety.

Pantauan di JL.Pahlawan Revolusi Sisi Barat Jakarta Timur, tepat pada Rabu (16 Agustus 2023) tepat pukul 13:05 kami melihat dilapangan sejumlah pekerja menggunakan Helm keselamatan pada saat dilapangan, namun yang yang menjadi pertanyaan kami dilapangan ternyata sejumlah pekerja tidak menggunakan Masker,Helm dan Rambu-rambu penagturan Lalu Lintas pada saat pekerjaan berlangsung, bukankah hal tersebut sudah dianggarkan ?

Timbul pertanyaan dilapangan, Antara lain. Pada saat pemasangan u-ditch kami melihat dilapangan tidak ditemukan kemiringan pemasangan u-ditch dari hulu ke hilir, namun yang tampak justru air hanya tergenang dan tidak diketahui kemana airnya mengalir (elevasi drainase).

Untuk pekerjaan penggalian diduga tidak sesuai dengan elevasi cross section agar kemiringan lahan sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Dengan tujuan, apabila terdapat sampah yang jatuh pada saluran secara terus menerus maka akan mengakibatkan tumpukan sampah dan akan mengganggu aliran air dan efeknya akan terjadi penyumbatan.

Selain itu, Kami tidak melihat pekerjaan dasar saluran / lantai kerja seperti pasir urug darat dengan t= 5 cm dan adukan semen t= 5 cm agar u-ditch dengan tujuan supaya posisi stabil.

Pada saat pemasangan u-udtch kami tidak melihat konsultan pengawasan berada dilapangan, akibatnya timbul pertanyaan, sejauh mana tupoksi konsultan pengawasan dilapangan padahal anggaran konsultan pengawasan cukup pantastik.

Hingga berita ini diturunkan, mantan Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara, Benhard Hutajulu belum memberikan tanggapan terkait kegiatan yang dilaksanakan PT.Dewimas Bahtera termasuk juga dengan konsultan pengawasan dilapangan PT.Asia Juli Pradama.

Hal yang sama juga dengan pelaksana PT.Dewimas Bahtera di JL. Pahlawan Revolusi Kelurahan Pondok Bambu Kota Adm Jakarta Timur juga tidak meresponnya.(Jhon /Tim).


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan