Peran Aktif Kodim 0624/Kab Bandung, Musim Kemarau Panen Raya Lebih Cepat Dan Melimpah.

Kab Bandung, MPN.

Terjun langsung membina Kelompok Tani dalam mendukung program pemerintah melakui ketahanan pangan terus dilaksanakan Kodim 0624/Kab Bandung melalui Koramil Jajaran.

Hari ini Senin (18/09), Koramil 2402/Cicalengka melaksanakan panen raya padi varietas Siliwangi yang ditanam dilahan seluas 1 hektar milik Poktan Mekarwangi di Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka.

Panen raya kedua di tahun ini disaksikan langsung oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNi Erwin Djatniko, Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin serta Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus juga unsur Forkopimda Kabupaten Bandung.

Dandim 0624/Kab Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto melalui Kasdim Mayor Chb (K) Sri Nurhaeni mengatakan, panen raya saat ini merupakan yang kedua sementara yang pertama dilakukan pada awal tahun 2023.

” Alhamdulillah berkat kerjasama dengan Poktan Mekarwangi, kami tahun ini melaksanakan panen raya yang kedua kali, dengan menggunakan Bios 44 DC terlihat bulir padi semakin berisi dan padat, selain itu masa tanamnya juga lebih singkat,” ujar Kasdim 0624/Kab Bandung.

Panen pertama yang dilakukan pada awal tahun 2023 menghasilkan padi kering sebanyak 7.2 ton, sementara panen kali ini mencapai 9.55 ton, ada kenaikan sekitar 2.35 ton dalam satu hektar.

Ditambahkan Kasdim 0624/Kab Bandung Mayor Chb (K) Sri Nurhaeni, lahan yang terhampar di Kampung Bojongbuah seluas 100 hektar dan yang sudah menggunakan Bios 44 DC seluas 43 Hektar.

” Diharapkan sisanya seluas 57 hektar bisa menggunakan pupuk cair organik Bios 43 DC, kita lihat perbedaannya yang menggunakan Bios masa panen lebih cepat dua Minggu dari yang tidak menggunakan Bios, dan itu bisa menguntungkan masyarakat petani,” ujar Kasdim.

Untuk panen kedua lanjut Kasdim, satu hektar lahan sawah menghabiskan Bios 44 DC sebanyak 150 liter hasilnya sangat baik,” semoga dengan naiknya produktifitas hasil pertanian, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dan itu keberhasilan dari program ketahanan pangan,” tutur Mayor Chb (K) Sri Nurhaeni.

Rie.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan