Bangun Jalan Rabat Beton, TMMD Ke 118 Tahun 2023 Kodim 0613/Ciamis Resmi Dibuka.

Ciamis, MPN.

Kodim 0613/Ciamis kembali melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 118 di Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari, Rabu (20/09).

TMMD ke 118 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, dihadiri oleh Danrem 062/TN Kolonel Inf Asep Sukarna, Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi, Para dandim jajaran Korem 062/TN, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, Serta para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Ciamis.

Pembukaan di awali dengan paparan Dansatgas terkait kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya kegiatan fisik dan non fisik yang pengerjaannya memakan waktu 30 hari kerja.

” Sasaran fisik, TMMD Kodim 0613/Ciamis ke 118 melaksanakan pengerjaan rabat beton sepanjang 353 meter, kemudian pengaspalan jalan sepanjang 750 meter, pengerjaan saluran irigasi, sumur bor serta pembuatan MCK,” ujar Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi.

Selain itu tambah Dandim, ada juga sasaran tambahan yaitu pembangunan tembok penahan tanah (TPT) Plat beton serta Rutilahu sebanyak 5 unit, dan semuanya dilaksanakan di Desa Kadupandak.

Ditambahkan Dandim, pada TMMd ke 118 ini, Kodim 0612/Ciamis menurun personel sebanyak 150 prajurit TNI AD ditambah dengan partisipasi masyarakat Desa Kadupandak, serta kolaborasi dengan Pemerintah Daerah juga Polri.

” Program TMMD ini sebagai upaya TNI membantu pemerintah daerah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan, sehingga dapat meningkatkan Kemanunggalan TNI bersama rakyat serta terciptanya kesejahteraan masyarakat, khususnya di Desa Kadupandak,” ujar Dandim 0613/Ciamis sekaligus Dansatgas TMMD ke 118 tahun 2023.

Sementara itu, Danrem 062/TN Kolonel Inf Asep Sukarna mengatakan bahwa TMMD ke 118 ini dilaksanakan di seluruh Kodim secara bergantian.

” saat ini kita laksanakan di Kodim 0613/Ciamis, dengan sasaran fisik dan non fisik, mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat di Desa,” ujar Danrem.

Selain itu pembangunan jalan yang menghubungkan dengan daerah lain bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Kolonel Inf Asep Sukarna juga menuturkan, TNI AD harus menjadi solusi di wilayah, setiap persoalan bisa diselesaikan secara bersama sama, bersinergis dan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah juga Polri serta stakeholder lainnya.

” mudah mudahan kita terus kompak dan solid, sehingga tujuan kita dalam rangka mensejahterakan masyarakat bisa tercapai sesuai dengan harapan, bergotong royong dalam mencapai tujuan, saya berpesan agar semua warga dapat memiliki dan menjaga juga merawatnya setelah dibangun,” imbuh Danrem 062/TN.

(Pen 0613).

Rie.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan