Cegah PTM, Kemenkes Bareng Komisi IX DPR Himbau Masyarakat Berperilaku CERDIK

Kota Bekasi, MPN

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali menggelar giat kemitraan bersama Komisi IX DPR RI berupa sosialisasi pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Sepanjangjaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Sabtu (30/9). Dalam sosialisasi ini pihak Kemenkes memberikan tips mencegah PTM dengan menerapkan perilaku CERDIK.

Sosialisasi ini dihadiri sejumlah narasumber, antara lain Sri Mulyati, S.Pd, MKes selaku Wakil Direktur I Poltekkes Jakarta III Kemenkes RI, Dwi Wahyuningsih, SKM, MKes selaku Subkor Surveilaens dan Imunisasi Dinkes Kota Bekasi. Selaim itu juga hadir Tenaga Ahli di Komisi IX DPR RI Huda Sulistio yang mewakili anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar, Dra Hj Wenny Haryanto, SH.

Seperti biasanya, kegiatan sosialisasi ini dirangkai dengan dialog interaktif antara peserta dengan narasumber. Kemudian acara juga dilanjurlt dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung pelaksanaan Germas oleh seluruh narasumber dan para peserta yang hadir.

Sata pesan disampaikan Sri Mulyati, S.Pd, MKes selaku Wakil Direktur I Poltekkes Jakarta III Kemenkes RI kepada masyarakat dalam rangka mencegah PTM. Dia juga memberika tips kepada masyarakat agar selalu menerapkan perilaku CERDIK.

“Masyarakat juga bisa melakukan upaya pencegahan dini terhadap bahaya PTM, yakni melalui perilaku CERDIK. Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres,” papar Sri Mulyati.

Menurut Sri, Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman dan tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lainnya. “PTM ini pada awalnya tidak bergejala, sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya dan hanya memeriksakan diri ketika telah terjadi komplikasi PTM,” tegasnya.

Sri lalu memaparkan beberapa contoh jenis penyakit yang termasuk dalam PTM ini, diantaranya adalah Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Kanker, Diabetes Melitus. “PTM terjadi karena berbagai faktor, seperti kebiasaan merokok, diet atau pola makan dan hidup yang tidak sehat, minim aktivitas fisik, konsumsi minuman beralkohol, tingkat stress yang tinggi Selain itu, riwayat kesehatan keluarga juga dapat menjadi pemicu penyakit tidak menular, PTM ini merupakan penyakit katastropik yang menyebabkan kematian yang cukup tinggi di Indonesia,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Huda Sulistio memaparkan seluruh program yang digiatkan anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar Dra Hj Wenny Haryanto bersama seluruh mitra kerjanya. “Program itu diantaranya pembangunan Balai Latihan Kerja bersama Kemnaker, program Padat Karya bersama Kemnaker dan Kemenkes, atau program Tenaga Kerja Mandiri bersama Kemnaker,” papar Huda.

Huda berharap masyarakat bisa menyerap seluruh program tersebut karena bermanfaat untuk masyarakat. “Jangan sia-siakan program ini, hatus kita serap sehingga manfaatnya akan optimal dan tepat sasaran,” pungkasnya. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan