Ketua Koordinator Wilayah Jatim II GAKESLAB Indonesia Mendukung Pemerintah Untuk Meningkatkan Produksi Alat Kesehatan yang Baik

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Jakarta – GAKESLAB Indonesia mengadakan Pengukuhan & Rapat Pleno Pengurus GAKESLAB Indonesia. Masa Bakti 2023-2027 dengan tema “Integrated Health Industries for Indonesia”, GAKESLAB INDONESIA Integrated Healthcare Industry artinya Gakeslab Indonesia ecosystem dari hulu sampai hilir dalam healthcare business. Acara tersebut dilaksanakan di The St. Regis Hotel Jakarta (17 Oktober 2023). Acara tersebut dilaksanakan oleh Bpk. Rd. Kartono Dwidjosewojo sebagai Ketua Umum GAKESLAB Indonesia, Bpk. Faroman Avisena. SE.BBA(Hons) sebagai Sekretaris Jenderal GAKESLAB Indonesia, Ibu Siti Fatimah Azzahra. SKM. MM sebagai Bendahara Umum GAKESLAB Indonesia, Bpk. Daan Ahmadi sebagai Ketua Dewan Penasehat GAKESLAB Indonesia dan Bpk. Drs. H. Sugihadi. HW. MM sebagai Ketua Dewan Kehormatan GAKESLAB Indonesia.

Acara tersebut juga dihadiri para keynote speaker seperti Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD., Ph.D. sebagai Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Bpk. Emanuel Melkiades Laka Lena sebagai Anggota DPR-RI periode 2019-2024 Partai Golkar dan Yukki Nugrahawan Hanafi sebagai Plh. KADIN Indonesia. Rekan-rekan media berkesempatan mewawancarai Ketua Koordinator Wilayah Jatim II GAKESLAB Indonesia.

Agus Staf Hartanto sebagai Ketua Koordinator Wilayah Jatim II GAKESLAB Indonesia menjelaskan bahwa kami sebagai koordinator wilayah Jatim II mewakili beberapa aspirasi dari beberapa rekanan di daerah. Kami menjadi jembatan antara pengurus yang baru saja terpilih ini dengan pengusaha yang ada di daerah. Kita mendukung kebijakan dari pengurus baru untuk menggalakan dan mengaktifkan anggota GAKESLAB ini utamanya di bidang produksi dan distribusi. Dimana sesuai dengan arahan Presiden RI bahwa garis besar atau garis yang perlu digarisbawahi adalah kita harus mendorong agar pemakaian produksi dalam negeri itu semakin bisa ditingkatkan. Baik itu dalam bentuk produksi maupun dalam bentuk distribusi. Bahkan sebagai koordinator wilayah tentu harus menyampaikan pesan-pesan dari pengurus pusat kepada anggota kami yang ada di daerah bahwa harus mendukung upaya pemerintah yang dalam hal ini GAKESLAB Indonesia berperan aktif dalam konteks mendukung program yang dicanangkan pemerintah.

Tentu prinsip dari digital itu adalah semua itu dilakukan dan dikoordinasikan secara online. Dalam konteks yang seperti ini kita sebagai koordinator wilayah itu berkewajiban untuk membina setiap anggota GAKESLAB agar bisa berperan aktif bukan hanya mengetahui dan memahami mekanisme tetapi juga perusahaan-perusahaan daerah itu bisa langsung mengikuti apa yang terjadi di pusat. Artinya dalam hal ini sosialisasi pemahaman dan pengetahuan terkait dengan digitalisasi itu sesuatu yang tidak bisa dihindarkan.

Kalau sertifikasi dalam pengertian kami itu dibedakan menjadi dua yaitu sertifikasi terkait dengan produksi kita sebut sertifikasi produksi alat kesehatan yang baik. Yang kedua adalah sertifikasi distribusi alat kesehatan yang baik. Sertifikasi produksi alat kesehatan yang baik tentu bagi produsen dan sertifikasi distribusi alat kesehatan yang baik tentu bagi perusahaan-perusahaan distributor. Kita dua-duanya itu kita jalankan program itu dan kami mendukung kebijakan yang digariskan oleh pengurus pusat agar melaksanakan program-program yang diadakan di daerah melalui pengurus-pengurus daerah. Saat ini di Indonesia terbentuk Insya Allah di 24 DPD. Artinya di 24 Provinsi dari 38 Provinsi. Nanti Insya Allah di akhir tahun 2027 nanti di semua Provinsi bisa terbentuk adanya DPD-DPD yang mewakili dan bisa menghimpun anggota GAKESLAB yang ada di Indonesia.

Jadi di dalam slogannya GAKESLAB itu ada yang namanyan Profesional Berintegritas (Profit). Profesional pasti kembali kepada profesi kita, profesi sebagai produsen dia harus menjadi perusahaan yang memproduksi alat kesehatan yang baik. Sebagai distributor dia harus berprofesi dan bertindak profesional untuk menjadi distributor yang baik. Berintegritas tentu apa yang dilakukan dan direncanakan tentu harus sesuai dengan norma-norma yang ada. Dalam hal ini GAKESLAB itu mempunyai Dewan Kode Etik dimana untuk memantau tingkah laku, pola kerja dan sebagainya itu dari anggota GAKESLAB itu Dewan Etik akan selalu mengawasi setiap anggotanya.

“Kami jamin anggota GAKESLAB tidak ada mafia. Yang kita lakukan adalah menjaga. Kita tidak bisa mengawasi setiap anggota satu persatu, setiap saat 24 jam sehari. Tetapi yang kita lakukan adalah kita menggalakan namanya profesionalisme itu mendukung profesional. Tentu mendukung perusahaan yang profesional. Kita juga diatur kode etik yang harus dipedomani oleh setiap anggota GAKESLAB Indonesia,” tutupnya Agus.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan