Resmi Ditutup Pangdam III/Siliwangi, TMMD Ke 118 Kodim 0608/Cianjur Bagian Dari Solusi Dan Motivasi Masyarakat.

Kab Cianjur, MPN.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 118 Kodim 0608/Cianjur ditutup secara resmi oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, Kamis (19/20).

Sebelum menutup TMMD, Pangdam bersama rombongan serta tamu undangan menerima paparan dan selayang pandang kegiatan TMMD oleh Dansatgas TMMD Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanani.

Selesai menerima paparan, Pangdam III/Siliwangi menuju lapangan Bina Raga Pasawahan untuk melaksanakan upacara penutupan TMMD ke 118 Kodim 0608/Cianjur TA 2023.

Disampaikan Pangdam dalam amanatnya bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral untuk membantu tugas Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan akselerasi Pembangunan di daerah.

” TMMD juga merupakan bentuk dari operasi bakti yang dilaksanakan bersama Polri dan seluruh komponen masyarakat termasuk Pemerintah Daerah, serta pola komunikasi kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujar Pangdam III/Siliwangi.

Mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan maka program TMMD masih sangat dibutuhkan, sehingga diperlukan keterlibatan TNI dalam membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

Ditambahkan Pangdam, TMMD juga menjadi saran terbaik bagi TNI untuk hadir di tengah masyarakat dalam menggelorakan semangat gotong royong dan energi positif manunggal dalam mencapai keunggulan, sebagai mana terkandung dalam tema TMMD ‘ Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat’.

” Untuk itu mari kita tingkatkan semangat bekerja dan membangun bersama sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa kita,” tutur Mayjen TNI Erwin Djatniko.

Pangdam berharap, hasil dari TMMD ini dipelihara dengan baik untuk kemaslahatan rakyat, juga menjadi motivasi untuk melakukan pembangunan fasilitas lainnya secara mandiri dan berkesinambungan.

Seluruh sasaran fisik maupun non fisik sudah selesai 100 persen, untuk itu Pangdam meminta terus pelihara dan tingkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat di masa yang akan datang.

” Selaku Pengendali Kegiatan Operasi TMMD, menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar besarnya kepada unsur Forkopimda yang telah melaksanakan program TMMD, yaitu Kab Cianjur, Kab Ciamis, Kab Indramayu serta Kab Lebak,” tutur Pangdam.

Tidak lupa Pangdam meminta kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam TMMD supaya memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan.

” Jadikan momen TMMD sebagai pelajaran dan pengalaman bagaimana kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi masyarakat, karena TNI lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat,” tandas Pangdam III/Siliwangi.

Setelah resmi menutup TMMD ke 118 Kodim 0608/Cianjur, Pangdam III/Siliwangi langsung meninjau rutilahu sekaligus memberikan kunci rumah kepada Bapak Winata di Kp Sukamantri Desa Bumbangsari.

Selanjutnya Pangdam bersama rombongan meninjau pengerasan jalan serta meninjau pembangunan MCK yang diakhiri dengan pemberian sembako kepada masyarakat sekitar.

(Pendim 0608).

Rie.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan