PAWAI BUDAYA ACEH TIMUR, PUKAU RIBUAN WARGA.

ACEH, MPI – Penampilan pawai budaya kontingen kabupaten aceh timur, di pekan kebudayaan aceh (PKA). Berhasil memukau ribuan warga yang menonton di pinggir jalan, pada saat pelepasan di lapangan blang padang kota banda aceh minggu 05/11/2023 kemarin pagi.

Ada pun tema yang di usung kabupaten aceh timur, pada penampilan pawai budaya yakni “aceh timur bertani rempah”.

Kemudian jumlah peserta pawai sebanyak 100 orang pejalan kaki, dengan skema satu barisan 5 orang dengan membentuk 20 barisan kelompok peserta.

Ada pun yel-yel, “aceh timur jalur rempah rakyat makmu nanggroe jaya”.

Dalam barisan pawai juga turut tampil 2 orang pasangan duta wisata dengan satu perempuan dan satu lelaki dengan busana khas duta wisata.

Sementara satu orang orang mahasiswa pembawa papan nama, dua orang mahaaiswa pembawa bendera.

Kemudian sebanyak 17 orang tokoh adat (pakaian adat yang lazim digunakan pemuka adat).

Dalam barisan pawai juga terlihat sebanyak 20 orang tokoh perempuan (pakaian ibu-ibu yang lazim sebagai perempuan adat).

Sementara sebanyak 20 orang atraksi petani (pekaian dan atribut khas petani), kemudian sebanyak 6 orang mahasiswa/PELAJAR (mengunakan pakaian dan atribut mahasiswa/pelajar).

Unitnya lagi, aceh timur melibatkan 15 orang muda-mudi tokoh millenial pembangunan, lalu 5 orang birokrat pertanian (pakaian penyuluh pertanian atau sejenisnya).

Juga dalam barisan pawai terlihat 10 orang unsur pendidik/budayawan (mengunkan pakaian guru /batik atau sejenisnya) ditambah 5 orang unsur keamanan (pakaian sat-pol pp, pol-hut dan sejenisnya.

“Konsep meutani reumpah yang diusung dalam pawai ini adalah gugusan parade pejalan kaki, dalam satu barisan terdiri dari lima orang pejalan kaki, membentuk memanjang dengan jumlah dua puluh barisan, sehingan total peserta pawai berjumlah 100 orang,” kata plt suriadi, kabid kebudayaan dinas pendidikan dan kebudayaan aceh timur minggu 05/11/2023.

Teriakan yel-yel “aceh timur, jalur rempah rakyat makmu nanggroe jaya”. Akan disuarakan secara serentak dari awal start saat melewati panggung pelepasan peserta pawai, selanjutnya yel-yel tersebut akan terus didengungkan dalam setiap 5 menit sekali sampai akhir parade finish,” demikian ujar suriadi.

(Pasukan Ghoib Kaperwil Aceh/Team)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan