BARU SAJA USAI DIKERJAKAN DAN USAINYA HABIS KONTRAK SERTA PEMELIHARAAN, PEKERJAAN PLAT BETON KUPING BAHU BADAN JALAN JEMBATAN KEBUN BARU.

Depan Makam Pahlawan, Terpantau Kini Retak Dan Patah, Terindikasi Asal Jadi Saja, Oleh Pihak Pelaksana Rekanan Pemborongnya.

KOTA LANGSA, MPI – Sungguh sangat tragis kejadian hal itu, baru saja usai telah dikerjakan dan usainya habis kontrak serta pemeliharaan. Pekerjaan yang telah di buat, plat beton kuping penahan bahu badan jalan jembatan daerah kebun baru, tepatnya depan makam pahlawan kecamatan langsa baro kota langsa itu.

Terpantau oleh kalangan sejumlah wartawan media online nasional aceh ini, kini retak dan patah. Terindikasi pula, asal jadi saja dikerjakan oleh pihak pelaksana rekanan atau pun pemborong tersebut. Yang berasal penyaluran anggaran dana itu, dari kantor dinas pupr pemerintahan kota langsa.

Dalam pantauan kembali, oleh kalangan sejumlah wartawan media online nasional aceh ini. Pekerjaan pembangunan jembatan kebun baru itu. Bisa di hitung dengan hari saja, sudah retak serta patah plat beton kuping bahu badan jalan jembatan kebun baru tersebut, dari tahap pertama oleh rekanan kontraktor pemborong itu.

Ketika, kalangan sejumlah wartawan media online nasional aceh ini. Mencoba menghubungi telepon selularnya, salah satu seorang dari pihak kantor dinas pupr pemko langsa. Kemarin senin 14/11/2023, sekitar pukul.17.43.wib. Yang enggan namanya mau di sebut-sebutkan, mempertanyakan (berkonfirmasi) kepadanya “N”, hasil pantauan kalangan sejumlah wartawan media online nasional aceh ini. Plat beton alias kuping bahu badan jalan jembatan di kebun baru, di depan makam pahlawan tersebut.

Retak serta patah, kenapa kok bisa seperti itu. Apakah itu, pekerjaan tahap pertama (1) dari pihak rekanan alias kontraktor. Apa dari pihak kedua (2) rekanan alias kontraktor tersebut, “N” pun dari pihak kantor dinas pupr pemko langsa tersebut. Langsung mengomentari kepada kalangan sejumlah wartawan media online nasional aceh ini, menurutnya dengan mengomentari cerita.

“Memang benar wak, pada saat itu. Mereka kerjakan, cara pengecoran plat beton kuping penahan bahu badan jalan yang mereka kerjakan, dengan cara di sambung. Makanya, sewaktu dilakukan pengaspalan badan jalan di jembatan tersebut. Yah, begitu lah hasilnya wak. Retak dan patah, pada hal. Kontraknya sudah selesai, juga pemeriharaannya sudah selesai. Mau kayak mana mau dibilang, coba lah. Nanti kita kordinasikan dengan kepala bidang (kabid) bina marga (bm) kantor dinas pupr pemko langsa, bersama “samsul”. Katanya “N” itu, mengulaskan paparannya. Terdengar kepada kalangan sejumlah wartawan media online nasional aceh ini.

Menurut, ketua bidang biro. Yang mewakili oleh bung ASS, pengurus bidang biro investigasi monitoring & intelijen (IMI) lembaga badan peserta hukum reclasseering indonesia (L.BPH.RI) untuk negara & masyarakat presidium pusat di wilayah kerja (wil-ker) provinsi aceh. Memaparkan dengan secara tegas, kepada kalangan sejumlah wartawan media online nasional aceh ini.

“Ada pun, yang sudah terjadi. Plat beton kuping penahan bahu badan jalan jembatan di kebun baru kecamatan langsa baro kota langsa itu, pihak rekanan/pemborong/ kontraktor. Pada tahap pertama (1) tersebut, harus mempertanggung jawabkan atas yang telah mereka kerjakan. Jangan pekerjaan sudah selesai dan juga pemeliharaan sudah selesai, anggaran dana kontrak sudah di terima. Mereka terindikasi buang badan, begitu juga dengan pihak consultantnya. Selama proyek itu berjalan, apa kerja pihak consultant pengawas proyek itu. Apa hanya makan gaji buta saja, setelah dibayar. Melakukan pengecekannya, setiap lebaran capung, sampai proyek itu rampung. Akhirnya retak dan patah, kalau begitu dimana tanggung jawab mereka.” Pungkasnya, bung ASS dengan sangat tegas.

Pengurus bidang biro IMI L.BPH.RI presidium pusat di wilayah kerja provinsi aceh ini juga, meminta dengan sangat tegas. Bapak kepala kejaksaan tinggi (kajati) aceh, segera lakukan penyidikan atau pemeriksaan retak dan patahnya kuping penahan bahu badan jalan jembatan kebun baru itu, yang menelan mencapai milyaran rupiah.

Sesuai pula, pantauan kembali. Dari segi plang papan nama proyek pembangunan jembatan kebun baru itu, yang sempat pernah di tampilkan secara publik. Tertuliskan, iyalah. DOKA 2022, nomor kontrak. 13/sp/620/pupr/doka-bm/pml/VII/2022, tanggal kontrak. 20 juli 2022, pekerjaan, pembangunan jembatan kebun baru. Lokasi, kecamatan langsa baro kota langsa.

Volume, satu (1) kegiatan. Nilai kontrak, Rp.1.541.800.000,- sumber dana. Doka 2022, tanggal mulai. 21 juli 2022, tanggal selesai. 27 desember 2022, tahun anggaran. 2022, pengawas. Cv multi cipta consultant, pelaksana. Cv bintang nusa abadi, berasal penyaluran dari kantor dinas pupr pemko langsa.

(Pasukan Ghoib Kaperwil Aceh/Team)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan