24 Mahasiswa Magang dan KKN Fakultas Hukum UNWIRA di Utus ke TTU, Berikut Simak 2 Program yang akan Diselenggarakan

Doc. Mahasiswa Magang KKN FH UNWIRA

Kupang, MediaPatriot – 24 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) kupang, melaksanakan magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Nian, Kec. Miomafo Tengah, Kab. Timor Tengah Utara, pada Senin, (20/11/23).

Magang dan KKN tersebut dilaksanakan untuk memenuhi tugas dan kebutuhan perkuliahan mahasiswa Fakultas Hukum, yang nantinya hasil dari magang dan KKN ini akan dilaporkan sesuai apa yang didapatkan.

Antusias dari Kepala Desa Nian, Agustinus Kono Toan, SH., dan juga warga masyarakat Desa Nian memberikan motivasi agar mahasiswa dapat benar-benar bisa merealisasikan perubahan saat berada di Desa Nian.

“Semoga mahasiswa magang dan KKN yang datang, diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan ilmu dan juga program yang di rencanakan sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat”, tutur Kades Nian.

Merespon hal itu, Kevin Sylton menuturkan bahwa hal paling urgen dalam realisasi ilmu ialah pemecahan masalah di desa dengan mengidentifikasi masalah yang kemudian hasilnya di tuangkan kedalam peraturan yang mengikat.

“Dengan mengidentifikasi, kita dapat menemukan masalah hukumnya itu di mana? Sehingga dapat mengarahkan masyarakat untuk bisa menjadi lebih baik, taat terhadap peraturan dan juga memahami tentang hukum”, jelasnya.

Kevin melanjutkan bahwa ada beberapa masalah yang sangat sering terjadi, diantaranya berkaitan dengan masalah hewan ternak yang masuk ke pekarangan kebun yang berpotensi merusak hasil perkebunan. lalu masalah kesehatan dan lingkungan hidup.

“sehingga terjalin komitmen untuk membuat Peraturan Desa (Perdes) yang sesuai dengan problem di Desa Nian. Dari beberapa masalah tersebut, kami akan menyelidiki lebih lanjut di setiap dusun serta menentukan prioritas sehingga dapat membantu penyelesaian masalah-masalah tersebut dengan ketentuan hukum yang mengikat,” ungkap Kevin.

Setelah di Terima oleh Kades Nian, para mahasiswa dan juga dosen pembimbing yang mendampingi mahasiswa memaparkan apa saja program yang di bawakan oleh Fakultas Hukum UNWIRA Kupang.

Adapun 2 program unggulan yang akan dilaksanakan mahasiswa selama magang dan KKN, 2 program tersebut sebagai berikut :

  1. Identifikasi masalah, dengan turun langsung ke setiap dusun ; dan
  2. Sosialisasi ke SMK Pertanian Tri Kari dan SMAK Santo Paulus.

Seusai menjalin komitmen dan komunikasi yang panjang, mahasiswa magang dan KKN UNWIRA Kupang langsung diarahkan ke penginapan yang sudah disediakan oleh masyarakat dan juga oleh pihak desa.

Penulis : Kevin Sylton | | Editor : Jefri Seran


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan