Paguyuban RW se Kelurahan Semper Barat Cilincing Jakarta Utara

Jakarta,- mediapatriot.co.id Kiprah dan peranan Rukun Warga (RW) kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara terutama dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan
Paguyuban Forum RW se Kelurahan Semper Barat.

Kiprah dan peranan Rukun Warga (RW) kepada Pemerintah terutama dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, diakui sangatlah besar.
Karenanya dengan adanya paguyuban RW, akan lebih terkoordinasi. Sehingga apabila ada hal-hal yang oleh para ketua RW dirasakan kurang dihargai, bisa diperjuangkan di paguyuban ini.

Bahkan dengan lembaga-lembaga yang dibentuk di paguyuban RW, kita bisa melakukan upaya-upaya dan membicarakan bagaimana peran RW bisa lebih meningkat, lebih bagus dari yang sudah dilakukan sebelumnya. Tapi juga bagaimana agar RW ini keberadaanya dihargai.atau tidak dianggap kecil, ucap Kepala seksi pemerintahan Riswinanto dalam acara paguyuban RW di taman kelurahan Semper Barat kecamatan Cilincing Jakarta Utara Sabtu ( 9/12/2023) Taman Kelurahan Semper Barat

Selanjutnya dikatakan Riswinanto paguyuban RW ini diharapkan akan menjadi contoh yang baik termasuk dalam pelaksanannya. Sehingga apabila ada permasalahan yang kurang berkenan, bisa dirumuskan dalam paguyuban ini, dicarikan solusinya, guna mencairkan persoalan atau pandangan sebagian kecil masyarakat, yang masih memandang kecil keberadaan paguyuban RW ucapnya
Kalau saya termasuk dikecilkan pemerintah kota, saya termasuk orang yang berdosa. Karena itu saya ingin menebus dosa untuk menghargai kembali paguyuban RW. Kalau saja dalam tahun 2024 penghargaan insentif bantuan RW , maka dalam perubahan anggaran Tahun 2024 ini, insentif bantuan RW kita akan meminta naikan lagi kepada propinsi DKI JAKARTA kepada mudah-mudahan disetujui.

Pada kesempatan yang sama Haji Dali Mahdali mendapat ucapan selamat atas menuntaskan program sertifikat PTSL mengatakan, sesuai dengan SK tentang paguyuban RW se Kelurahan Semper Barat disebutkan organisasi RW adalah organisisai kemasyarakatan di Kelurahan yang diakui dan dibina oleh Pemerintah. Bertujuan memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat yang didasarkan atas kegotong royongan dan kekeluargaan, guna mningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Termasuk menghimpun seluruh potensi swadaya masyarakat dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan pengertian kedudukan dan maksud pembentukannya, dikatakan oleh Kepala seksi pemerintahan, RW mempunyai tugas yang sangat banyak, Diantaranya, menggerakan gotong royong, swadaya dan partisipasi masyarakat. Membantu terciptanya ketentraman dan ketertiban dalam rangka menunjang stabilitas nasional, membantu menyebarluaskan dan mengamankan setiap program pemerintah, menjembatani sesama anggota masyarakat dengan pemerintah serta membantu tugas pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Mengacu pada tugas pokok tersebut, menurutnya, dinamika kehidupan kelurahan Semper Barat yang sangat heterogen, memerlukan kelembagaan masyarakat yang kuat, mengakar dan memihak kesejahteraan. Masyarakat agar potensi masyarakat dapat dikembangkan untuk membangun system dan tatanan social yang memadai. Alasannya, perspektif pembangunan pada otonomi daerah, benar-benar harus ditopang oleh prakarsa masyarakat. Kebijakan pemerintahan dan pembangunan, yang mendasar maka RW adalah ruang lingkup yang dituntut untuk memiliki tradisi perencanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi atas seluruh aktifitas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Karena masyarakat lebih memahami dan tahu apa yang menjadi kebutuhan dan bagaimana mengimplementasikannya.

Ketua paguyuban RW se kelurahan Semper Barat Haji Dali Mahdali
mengatakan, berkumpulnya para Ketua RW se Kelurahan Semper Barat merupakan isyarat, telah terjalinnya komitmen adanya persatuan dan kesatuan serta kebersamaan untuk membina silaturahmi. Selain juga komitmen dukungan, dari peran serta para ketua RW dalam membina, memelihara untuk senantiasa meningkatkan kemitraan dan kerjasama dengan Pemerintah Kota.

Keberadaan lembaga RW Kelurahan Semper Barat yang telah dirasakan warga Masyarakat Semper Barat, diantaranya penggalangan masyarakat dalam memelihara lingkungan hidup dan selesainya pemberian sertfikat PTSL Apabila dapat lebih diberdayakan, akan terwujud penguatan potensi local serta solidaritas masyarakat di lingkungan yang terkecil. Pendekatan himanisme para pengurus RW ini, lebih mengedepankan suasana santun, Dalam menjalankan amanahnya, dialakukan secara tulus ikhlas tanpa mengenal imbalan pamrih, bahkan akan merasa puas secara batiniah, apabila yang dilakukannya bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

Sementara itu hadir dalam paguyuban ini seluruhnya dari RW 01 sampai RW17 ,wakil ketua Suharyono dan jajarannya LMK 01 sampai LMK17,ketua FKDM Arif Suhendar dan jajarannya seorang tokoh masyarakat, , mengatakan peran Ketua RW tidak saja sebagai ujung tombak, namun juga sering menjadi ujung tembok dan ujung tombok. Manakala ada permasalahan, yang pertama ditanya, siapa RW nya. Tapi ketika sukses, jarang orang mengucapkan terimakasih. Bahkan menurutnya, RW juga, dituntut pengorbanannya secara material maupun finansialnya, untuk bisa menjamin kelancaran tugas ke RW an maupun pembangunan.(JHON )


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan