Pengembangan Pencak Sabandar Silat Berkelanjutan di Sanggar Sekar Jaladri Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI,MPI – diikuti 30 orang dari berbagai Perguruan aliran Sabandar se Jabodetabek ,Cianjur dan Kokab Sukabumi, bertempat di Sanggar Seni Sekar Jaladri, di Jl.Jenderal Sudirman,Kota Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat,Sabtu,24 Desember 2023.

Menurut pengasuh Sanggar Sekar Jaladri, Abah Dadang ,S.Pd, menyebutkan. Sanggar yang di bangun dan terdaftar di Kemenkumham RI, AHU-0000337-AH.0123 tahun 2023,dengan SK.Notaris Selena Handayani,SH,M.Kn. No.66 tgl 17 Juni 2013. Melingkupi kegiatan Pelatihan dan Pementasan Seni Budaya Sunda,Pelatihan Pencak Silat Seni dan Prestasi, pengembangan Pencak Silat Tradisi Sabandar Kari Masih,pemanfaatan Tenaga Dalam ,aplikasi Tenaga Sabandar Kari Madi, Magnetisme, Thelepaty,Hipnotisme, penghusadaan,Ngaragasukma. Pembukaan Cakra aura dan penyelarasan energi indigo, penyembuhan alternatif,mental terafis, hipno terafis, menjual dan menyewakan perlengkapan Beladiri.

Sebagai Sanggar terpercaya, Sanggar Sekar Jaladri, di percaya menjadi tempat kegiatan pendalaman keilmuan aliran Sabandar Kari Madi selama 2 hari Sabtu dan Minggu 24-25 Desember 2023. Menurut Abah Dadang, yang juga berdasarkan silsilah Paguron Guru-Guru Pencak Silat Aliran Sabandar ,dari Moch.Kosim (Ama Sabandar) 1766-;1880 bermula pusat paguron di Kampung Sabandar Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Kemudian berkembang ke Rd.H.Enoh (Cianjur), Rd.H.Emod(Cianjur), Rd.H.Abdullah(Cianjur),Rd.Husen(Cianjur), Rd.Kartadimaja(Cianjur),H.Moch.Syarif (Cibadak),Uci Sanusi ( Palabuhanratu), Emad Mad’ah (Palabuhanratu) , Dadang,S.Pd (Palabuhanratu). Tidak hanya berkembang di sekitar wilayah Kokab Sukabumi, Cianjur,Jakarta,Bogor,,Depok,Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), juga mulai merambah ke luar Jawa. Makassar (Sulawesi), Padang Pagar Ruyung (Sumbar), dan Perwakilan Tokyo Jepang,melalui Hiroyuki Imamura, Pemerhati dan praktisi Pencak Silat,khususnya aliran Sabandar Kari Madi.. Prestasi Paguron Sabandar Kari Madi Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, atas nama Ajeng Mayangsari, Asia Open Pencak Silat Championship 2019 “Sumedang Larang “.

Reporter : Nana Supriatna. Kepala Biro : Sopandi. Editor : Hamdanil Asykar

Posting Terkait

Jangan Lewatkan