Bedah Buku “PADMI” karya Halimah Munawir di Taman Ismail Marzuki

Jakarta,  19 Januari 2024.     –  Bedah Buku “PADMI” karya Halimah Munawir di Taman Ismail Marzuki, pada Jumat. 19 Januari 2024,
di Aula PDS HB JASSIN. Gedung Ali Sadikin, Lt.4, Taman Ismail Marzuki, Jakarta (19/012024).
Dihadiri DR Dewi Motik Pramono, M.Si. memberikan sambutan dan Maman S. Mahayana (Dosen Ilmu Budaya UI) sebagai pembicara, yang di Ketuai oleh Rini Intama sebagai pelaksana.

 

Acara Bedah Buku disertai dengan Potong Tumpeng sekaligus sebagai perayaan Ultah yang ke-60 Halimah Munawir sebagai Sastrawan Indonesia yang juga sebagai Penulis, Pengusaha Wanita Indonesia/ Pebisnis dan Pegiat Seni dan Budaya . yang memiliki kepedulian tinggi kepada dunia literasi , tradisi seni budaya, dan pendidikan. Lahir di Cirebon Jawa Barat pada 18 Januari 1964.

Kesuksesan acara tidak terlepas dari tangan dingin Ketua Panitia; Rini Intama yang juga sebagai penulis Novel. yang lahir di Kabupaten Garut, Jawa Barat 21 Februari) sebagai sastrawati Indonesia. dengan karya-karyanya dalam bentuk novel, cerita pendek, dan puisi yang dipublikasikan di sejumlah surat kabar. Selain itu juga terhimpun dalam berbagai antologi. Rini kerap terpilih menjadi peserta perhelatan sastra nasional dan internasional antara lain Pertemuan Penyair Indonesia Dari Negeri Poci, Pertemuan Penyair Nusantara, Borobudur Writers and Cultural Festival, Festival Sastra Tanjungbintan, International Poetry Festival Tegal Mas Island. Nama dan kiprahnya tercatat dalam buku Apa & Siapa Penyair Indonesia terbitan Yayasan Hari Puisi 2018.

 

Obor Sastra Jabodetabek bekerja sama dengan PDS HB Jassin – Dinas Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta menyelenggarakan acara bedah Novel “Padmi” karya Halimah Munawir
Halimah Munawir adalah salah seorang penulis perempuan Indonesia yang sangat produktif, sejak 2011 hingga sekarang sudah banyak buku dan novel yang sudah ditulisnya. Halimah Munawir, lahir di Cirebon 18 Januari 1964. Pendidikan kuliah di STF Driyarkara. Dan  pada tahun 2023 mendapat gelar kehormatan dari Kerajaan Kutai Mulawarman serta Master of science dari Abide University. Aktivitas selain menulis adalah Anggota IWAPI, KOWAPI dan Mitra Seni Indonesia (MSI); penggiat seni Budaya; Pemilik Rumah Budaya HMA; Pemimpin Umum OBOR SASTRA. Karya karya tunggalnya The Sinden (novel, 2011), Sahabat Langit (novel, 2014), Sucinya Cinta Sungai Gangga (novel, 2013), Kidung Volendam (novel, 2017), Mbok Berek – Fotobiografi (2006), Sukses Story Nila Sari – Fotobiografi (1988), Bayang Firdaus (sehimpun puisi bilingual, 2021), AKAR (sehimpun puisi bilingual, 2020), beberapa buku karya bersama.

Dan yang terbaru pada 2023, Halimah Munawir menulis sebuah Novel berjudul Padmi. Novel ini berlatar budaya di Kraton dan berkisah tentang calon permaisuri yang terbuang, dibangun dari kisah percintaan seorang penari bernama Padmi dengan seorang Raja. Tentu ini menjadi kisah yang menarik karena kekuatan tokoh tokoh di dalamnya. Dan aacara ini digelar sebagai salah satu upaya kita memperkenalkan budaya kepada generasi muda dan masyarakat pada umumnya. Juga sebagai salah satu upaya mengembangkan pelestarian seni-budaya di Indonesia. Dan pesan yang terpenting juga kita semua berharap melalui seni budaya kita bisa merawat Indonesia. Sehingga kita bisa mendapatkan manfaat yang sebesar besarnya. Novel Padmi di terbitkan dan diluncurkan pada Januari 2023 oleh Balai Pustaka, ada kabar gembira dalam waktu dekat juga Ibu Halimah Munawir juga bersama Balai Pustaka akan menerbitkan novel berikutnya yang berjudul Kalingga Pada Padang Levender.
Dan pada hari ini tanggal 19 Januari 2024 di Aula PDS HB Jassin Gedung Ali Sadikin lantai 4 Taman Ismail Marzuki, Obor Sastra Jabodetabek bekerja sama dengan PDS Hb Jassin – Dinas Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta menyelenggarakan acara bedah Novel Padmi, acara ini akan dipandu oleh Arief Joko Wicaksono seorang Jurnalis, Penyair dan Dosen di Politeknik Negeri Jakarta, sebagai pembicara atau pembedah buku adalah Maman S Mahayana yang kita kenal sebagai seorang sastrawan dengan karya-karyanya berupa puisi, prosa, artikel, dan buku-buku pelajaran bagi sekolah. Selain mengajar di perguruan tinggi, Maman juga seorang peneliti. Dia merupakan salah satu penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono. Maman S. Mahayana menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FS UI) pada tahun 1986, dan sejak itu ia mengajar di almamaternya yang kini menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI). Tahun 1997 selesai Program Pascasarjana Universitas Indonesia dan juga menjadi pengajar di Department of Malay-Indonesian Studies, Hankuk University of Foreign Studies, Seoul, Korea Selatan.

Selayang pandang tentang Halimah Munawir:
Selain menulis Halimah juga aktif sebagai Owner Rumah Budaya HMA, CEO PT. Dian Rimalma Pratama (PT. DRAP) , Pemimpin Umum Yayasan AKSI dan Tabloid Online Semesta Seni, Wakil Ketua DPD DKI Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI), Anggota Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (Kowapi), dan Anggota Mitra Seni Indonesia (MSI).
“Menulis itu bagi saya makanan lezat yang bisa memberikan nutrisi dan kekuatan pada tubuh.

Red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan