DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI APEL GELAR PASUKAN DAN DEMONSTRASI PHH PENGAMANAN PEMILU TAHUN 2024

 

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri apel gelar pasukan dan demonstrasi penanggulangan huru hara (PHH) dalam rangka pengamanan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. dan Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. bertempat di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (01/02/2024).

Panglima TNI pada saat konferensi pers mengatakan “Baru saja saya dan seluruh Kepala Staf Angkatan mengecek kesiapan personel dan alat perlengkapannya dalam rangka menghadapi pengamanan Pemilu tahun 2024. Selain kita mengecek kesiapan pengamanan Pemilu juga mengecek kesiapan personel dan alat perlengkapan dalam rangka menghadapi bencana alam. Kita ketahui bahwa ada beberapa bencana alam di wilayah kita dan pasukan TNI dan elemen masyarakat lainnya sudah melaksanakan perbantuan, seperti bencana alam erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah, Gunung Lewotobi di Nusa Tenggara Timur, bencana banjir di wilayah Medan dan Sumatera Selatan”.

Selanjutnya Panglima TNI menjelaskan “Kita melaksanakan pengecekan apa yang harus dilakukan oleh TNI tentunya didukung oleh perlengkapan yang memadai seperti dapur lapangan, tenda pleton, modifikasi landing craft rubber (LCR) Boat yang dibuat dari viber sehingga tidak mudah rusak, dan water treatment atau pengolahan air untuk membantu para pengungsi yang ada di pengungsian. Kita juga membuka pos komando (Posko) kesehatan, selain itu juga mengecek ke beberapa Panglima Komando Utama (Pangkotama) untuk proses perbantuan pendistribusian logistik Pemilu. Kemarin ada masalah pada saat pendistribusian logistik Pemilu di Papua terjadi longsor dan dibantu oleh pasukan TNI yang ada di sana sehingga logistik Pemilu bisa tiba di tempat dalam keadaan aman”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan